Home Sains Penyerbukan dan Pembuahan

Penyerbukan dan Pembuahan

1299
0
SHARE

Bunga dapat menghasilkan biji bila terjadi penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di kepala putik. Penyerbukan bunga dapat terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pernahkah kalian melihat kupu-kupu yang hinggap di atas bunga? Kaki kupu-kupu akan membawa serbuk sari. Ketika kupu-kupu hinggap di bunga lain, serbuk sari itu menempel pada putik bunga lain. Hal itu menyebabkan terjadinya penyerbukan.

penyerbukan-bunga

Serbuk sari yang menempel di kepala putik, kemudian tumbuh membentuk buluh serbuk sari. Di dalam buluh serbuk sari terdapat dua inti sel sperma (inti generatif). Buluh serbuk sari merupakan saluran bagi kedua inti sel sperma menuju bakal biji.

Setelah mencapai bakal biji, kedua inti sel sperma akan membuahi kedua sel yang ada dalam bakal biji. Salah satu sel sperma akan membuahi sel telur dan membentuk embrio (calon tumbuhan baru). Sel sperma satunya akan membuahi inti kandung lembaga sekunder yang akan tumbuh menjadi endosperm. Endosperm adalah cadangan makanan bagi embrio.

Macam-Macam Penyerbukan

Penyerbukan dapat terjadi dengan bantuan air, angin, hewan, dan manusia. Berdasarkan faktor yang membantu proses penyerbukan, maka dibedakan atas :

  1. Penyerbukan dengan bantuan air (hidrogami) Contohnya penyerbukan pada ganggang air.
  2. Penyerbukan dengan bantuan angin (anemogami). Penyerbukan ini terjadi pada rumput-rumputan, jagung, dan padi. Tumbuhan yang penyerbukannya dibantu dengan angin biasanya memiliki bunga yang kecil dan ringan.
  3. Penyerbukan dengan bantuan hewan (zoidiogami). Penyerbukan jenis ini terdapat pada bunga yang memiliki warna mahkota yang mencolok dengan aroma khas, memiliki kelenjar madu, serbuk sari lengket, dan bunga berukuran besar. Contohnya penyerbukan yang terjadi pada bunga jambu, bunga jeruk, bunga pepaya, dan bunga kacang.
  4. Penyerbukan dengan bantuan manusia (antropogami). Hal ini dilakukan manusia karena tidak ada perantara yang dapat membantu penyerbukan bunga tersebut. Contohnya penyerbukan pada tumbuhan vanili.

penyerbukan-oleh-lebah

Berdasarkan asal serbuk sari yang jatuh di kepala putik, penyerbukan dibedakan menjadi empat macam, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, dan penyerbukan bastar.

  1. Penyerbukan sendiri terjadi bila serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari benang sari bunga itu sendiri.
  2. Penyerbukan tetangga terjadi bila serbuk sari berasal dari benang sari bunga lain, tetapi masih dalam satu tumbuhan.
  3. Penyerbukan silang terjadi bila serbuk sari berasal dari bunga tumbuhan lain yang sejenis.
  4. Penyerbukan bastar terjadi bila serbuk sari berasal dari bunga lain dari tumbuhan yang berbeda tetapi masih dalam satu jenis tetapi berbeda varietas.

macam-macam-penyerbukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here