Home » Sains » Eksperimen Sains » Percobaan IPA Cara Membuat Magnet Dengan Digosok

Percobaan IPA Cara Membuat Magnet Dengan Digosok

Maslatip.com – Salah satu cara membuat magnet secara sederhana adalah dengan digosok. Namun, tidak semua orang mengetahui cara membuat magnet dengan digosok lho. Perlu ilmu dan teknik khusus untuk membuat magnet dengan digosok. Pada postingan kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai cara membuat magnet dengan digosok. Setelah browsing di youtube akhirnya saya temukan video tentang cara membuat magnet gosok.

Sebelumnya, saya sempat bingung ketika mencoba cara bikin magnet gosok yang terdapat di buku dan literatur lainnya karena hasil percobaan saya selalu tidak jadi, padahal arah gosokannya sudah benar sesuai yang ada di buku petunjuk. Karena penasaran, akhirnya saya mencari video melalui youtube tentang membuat magnet dengan cara menggosok. Video tersebut dapat anda liat pada postingan di atas artikel ini. Berikut ini saya jelaskan secara singkat tentang cara membuat magnet dengan digosok.

Magnet secara sederhana dapat dibuat dengan menggunakan tiga cara, yaitu gosokan, induksi, dan aliran listrik. Membuat magnet dengan cara gosokan dapat dilakukan dengan cara menggosokkan salah satu ujung magnet pada baja atau besi yang akan dibuat menjadi magnet. Cara menggosok bahan dengan magnet harus dengan arah yang tetap atau selalu searah. Makin lama menggosoknya, maka sifat kemagnetan pada magnet buatan tersebut akan makin kuat.

Cara membuat magnet dengan digosok searah secara berulang-ulang.

Cara membuat magnet dengan digosok searah secara berulang-ulang.

Arah gosokan dibuat searah bertujuan agar magnet elementer yang terdapat pada besi letaknya menjadi teratur dan mengarah ke satu arah. Apabila magnet elementer besi telah teratur dan mengarah ke satu arah, dikatakan besi dan baja telah menjadi magnet.

Ujung-ujung besi yang digosok akan terbentuk kutub-kutub magnet. Kutub-kutub yang terbentuk tergantung pada kutub magnet yang digunakan untuk menggosok. Pada ujung terakhir besi yang digosok, akan mempunyai kutub yang berlawanan dengan kutub ujung magnet penggosoknya. Berikut ini langkah-langkah cara bikin magnet dengan cara menggosok.

Alat dan Bahan

  1. Paku baja besar
  2. Magnet
  3. Paper klip

Cara Kerja

  1. Letakkan sebuah paku di atas meja, kemudian gosok dengan magnet dengan arah gosok se arah seperti yang tampak pada gambar dan video!
  2. Lakukan kegiatan ini selama kurang lebih lima menit!
  3. Tempelkan paper klip pada paku. Jika paper klip dapat menempel maka anda telah berhasil membuat magnet dengan cara gosokan.

Cara membuat magnet yang dilakukan diatas hanya menghasilkan magnet yang bersifat sementara. Untuk dapat membuat magnet permanen dapat dilakukan dengan cara menggosok besi ribuan kali sehingga menjadi permanen. Demikian sekilas info percobaan IPA sederhana tentang cara membuat magnet dengan digosok, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>