Home Sains Eksperimen Sains Percobaan IPA Cara Membuat Magnet Dengan Induksi

Percobaan IPA Cara Membuat Magnet Dengan Induksi

116
0
SHARE

Maslatip.com – Salah satu cara membuat magnet dari besi atau baja adalah dengan induksi. Cara membuat magnet dengan induksi dapat dilakukan dengan mendekatkan besi atau baja pada sebuah magnet. Kemagnetan magnet buatan secara induksi tersebut bersifat sementara. Jika besi atau baja yang dijadikan sebagai magnet buatan dijauhkan dari magnet penginduksi, maka sifat kemagnetan besi atau baja akan hilang.

Pada pembuatan magnet secara induksi, kutub-kutub besi atau baja yang akan dibuat magnet, berlawanan dengan kutub-kutub magnet penginduksi. Mengapa demikian? Berikut ini penjelasan singkatnya tentang proses induksi pada besi dan baja oleh magnet.

Setiap benda magnetik pada dasarnya terdiri magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer. Prinsip membuat magnet adalah mengubah susunan magnet elementer yang tidak beraturan menjadi searah dan teratur.

Besi dan baja diletakkan di dekat magnet tetap. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh atau terinduksi magnet tetap yang menyebabkan letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet sehingga dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya.

Ujung besi yang berdekatan dengan kutub magnet batang, akan terbentuk kutub yang selalu berlawanan dengan kutub magnet penginduksi. Apabila kutub utara magnet batang berdekatan dengan ujung A besi, maka ujung A besi menjadi kutub selatan dan ujung B besi menjadi kutub utara atau sebaliknya. Berikut ini gambar penjelas tentang cara membuat magnet dengan induksi. Anda dapat juga melihat cara membuat magnet dengan induksi melalui video pada bagian atas artikel ini.

Proses pembuatan magnet dengan cara induksi
Proses pembuatan magnet dengan cara induksi

Benda-benda magnetik yang bukan magnet dapat dijadikan magnet. Benda itu ada yang mudah dan ada yang sulit dijadikan magnet. Baja sulit untuk dibuat magnet, tetapi setelah menjadi magnet sifat kemagnetannya tidak mudah hilang. Oleh karena itu, baja digunakan untuk membuat magnet tetap (magnet permanen). Besi mudah untuk dibuat magnet, tetapi jika setelah menjadi magnet sifat kemagnetannya mudah hilang. Oleh karena itu, besi digunakan untuk membuat magnet sementara.

Anda bisa membuat magnet permanen dengan cara induksi. Cara bikin magnet yang permanen melalui cara induksi dapat dilakukan dengan menggunakan magnet yang kuat dan dalam jangka waktu yang lama. Demikian penjelasan singkat tentang percobaan IPA cara membuat magnet dengan induksi dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here