Home » Sains » Eksperimen Sains » Percobaan IPA Cara Membuat Magnet Dengan Solenoida

Percobaan IPA Cara Membuat Magnet Dengan Solenoida

Maslatip.com – Pada postingan kali ini, saya mencoba berbagi ilmu pengetahuan IPA tentang cara membuat magnet dengan solenoida. Solenoida adalah sebuah kumparan kawat panjang dengan banyak lilitan. Cara membuat magnet dengan solenoida ini di dasarkan pada hasil percobaan Hans Cristian Oersted, seorang guru fisika dari Denmark.

Oersted membuktikan bahwa jika sebuah kawat berarus dililit menjadi suatu kumparan, medan magnet yang dihasilkan oleh tiap lilitan dijumlahkan menjadi satu. Hasilnya adalah sebuah medan magnet yang kuat pada tengah-tengah kumparan dan pada kedua ujungnya. Kedua ujung kumparan tersebut berperilaku seperti kutub-kutub sebuah magnet.

Cara membuat magnet dengan solenoida dapat dilakukan dengan cara : besi dan baja dililiti kawat yang dihubungkan dengan baterai. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh aliran arus searah (DC) yang dihasilkan baterai. Hal ini menyebabkan magnet elementer letaknya teratur dan mengarah ke satu arah.

Gambar cara membuat magnet dengan solenoida yang dialiri arus listrik

Gambar cara membuat magnet dengan solenoida yang dialiri arus listrik

Besi atau baja akan menjadi magnet dan dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya. Magnet yang demikian disebut magnet listrik atau elektromagnet. Besi yang berujung A dan B dililiti kawat berarus listrik. Kutub magnet yang terbentuk bergantung pada arah arus ujung kumparan. Jika arah arus berlawanan jarum jam maka ujung besi tersebut menjadi kutub utara. Sebaliknya, jika arah arus searah putaran jarum jam maka ujung besi tersebut terbentuk kutub selatan. Dengan demikian, ujung A kutub utara dan B kutub selatan atau sebaliknya.

Magnet yang dibuat dengan cara mengalirkan arus listrik ini disebut elektromagnet. Percobaan elektromagnet ini dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah. Peralatan dan bahannya pun relatif mudah di dapat. Berikut ini penjelasan singkat tentang cara membuat benda elektromagnet.

Alat dan Bahan

  1. Paku dan paper klip besi
  2. Baterai
  3. Kawat tembaga berisolasi (saya menggunakan kabel telepon). Gunakan kabel yang masih ada isolatornya, jika menggunakan kabel tanpa isolator maka elektromagnet tidak akan terbentuk.
  4. Dudukan baterai
  5. Penjepit buaya

Cara Kerja

  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Pasang penjepit buaya pada kedua ujung kabel yang akan dililitkan
  3. Pasang baterai pada dudukan baterai
  4. Gulung atau lilitkan kawat tembaga pada sebuah paku.
  5. Hubungkan ujung-ujung kabel yang telah dipasang penjepit buaya tersebut dengan kutub-kutub baterai
  6. Angkat paku yang sudah dililiti kabel dan tempelkan paper klip pada kedua ujung paku
  7. Amati apa yang terjadi. Jika paper klip menempel berarti percobaan elektomagnet dengan menggunakan solenoida berhasil
Cara membuat magnet sederhana dengan solenoida

Cara membuat magnet sederhana dengan solenoida yang dialiri arus listrik

Kekuatan magnet yang dibuat dengan solenoida pada kegiatan tersebut bergantung pada banyak lilitan serta kuatnya arus listrik. Magnet yang dihasilkan pun sifatnya hanya sementara. Jika arus listrik diputuskan, maka sifat kemagnetan paku akan hilang. Agar menjadi magnet permanen maka besi / paku tersebut harus terus menerus dialiri arus listrik DC dalam jangka waktu yang lama. Demikian penjelasan tentang percobaan cara membuat magnet dengan solenoida, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>