Home Sains Percobaan IPA Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Percobaan IPA Proses Terjadinya Gerhana Bulan

1505
0
SHARE

Maslatip.com – Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi video percobaan IPA sederhana proses terjadinya gerhana bulan dari kucingfisika.com. Video tersebut dapat Anda lihat pada bagian atas postingan tulisan ini. Berikut sekilas gambaran tentang proses terjadinya gerhana bulan.

Gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semua cahaya matahari sampai ke bulan dan hanya terjadi pada saat fase purnama. Namun, bukan berarti setiap bulan purnama terjadi gerhana bulan. Gerhana bulan terjadi apabila bulan berada dalam daerah bayang-bayang bumi.

Peristiwa atau fenomena gerhana bulan terjadi ketika kedudukan bumi berada pada satu garis lurus dengan matahari dan bulan. Pada peristiwa ini bumi terletak di antara matahari dan bulan. Karena matahari lebih besar, maka terjadi dua macam bayangan bumi, yaitu bayangan inti (umbra) dan bayangan kabur (penumbra).

Ilustrasi gambar gerhana bulan (sumber : www.g-excess.com)
Ilustrasi gambar gerhana bulan (sumber : www.g-excess.com)

Bayangan inti (umbra) sangat gelap dan berada di tengah-tengah, sedangkan bayangan kabur atau juga disebut bayangan sebagian (penumbra) agak terang. Bayangan penumbra mengelilingi bayangan umbra. Bila seluruh permukaan bulan masuk ke dalam bayangan inti (umbra) bumi, maka terjadilah gerhana bulan total.

Sedangkan bila hanya sebagian saja permukaan bulan yang masuk ke dalam bayangan inti dan sebagian lagi ada di dalam bayangan kabur (penumbra) maka terjadilah gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan sebagian terjadi sebelum dan sesudah gerhana bulan total. Agar lebih jelas, lakukanlah percobaan seperti pada video di atas postingan ini atau melakukan percobaan gerhana berikut ini.

Tujuan Percobaan

Mengetahui proses terjadinya gerhana bulan

Alat Dan Bahan

  1. Bola plastik besar
  2. Bola tenis atau bola kasti
  3. Lampu senter

Cara Kerja

  1. Letakkan lampu senter, bola pastik besar, dan bola tenis atau bola kasti pada satu garis lurus di atas meja.
  2. Gelapkan ruangan kegiatan dan nyalakan lampu senter. Pastikan antara lampu senter, bola plastik besar, dan bola tenis berada pada satu garis lurus.
  3. Amati dengan saksama, terutama arahkan pengamatanmu pada bola kecil. Kemudian diskusikan dengan temanmu tentang hal-hal berikut. (1) Apakah bola kecil memperoleh cahaya dari lampu senter sehingga dapat memantulkannya ke bola besar? Mengapa? (2) Setelah bola digerakkan ke kanan atau ke kiri hingga keluar dari bayangbayang bola besar, apakah bola kecil menerima cahaya?
  4. Buatlah kesimpulan tentang hasil pengamatan dan diskusimu.

Bola kecil (bulan) tidak mendapat cahaya karena cahaya dari lampu senter (matahari) terhalang oleh bola besar (bumi). Pada saat itu terjadi gerhana bulan. Ketika bola kecil digeser hingga keluar bayangan, bola kecil mendapat cahaya dari lampu senter. Pada saat itu tidak terjadi gerhana bulan. Demikian penjelasan singkat percobaan IPA sederhana proses terjadinya gerhana bulan dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here