Home » Sains » Rafflesia itu Bukanlah Bunga Bangkai

Rafflesia itu Bukanlah Bunga Bangkai

bunga-rafflesiaSelama ini orang selalu mengira Rafflesia merupakan bunga Bangkai. Meski sama-sama memiliki aroma bangkai, Rafflesia bukanlah bunga bangkai atau dikenal dengan Amorphpophallus.

Selama ini orang selalu keliru. Ketika muncul bunga bangkai, dianggap Rafflesia, padahal tidak. Bunga Rafflesia dengan bunga bangkai (Amorphpophallus) memiliki perbedaan klasifikasi biologi, bentuk, warna, cara hidupnya, dan siklus hidupnya.

Ia menuturkan kekeliruan terbesar adalah orang mengira bunga bangkai di Kebun Raya Bogor adalah Raflesia. Bunga Bangkai (Amorphpophallus) dan Raflesia memiliki perbedaan.

Bunga bangkai memiliki umbi, bunga ini hidup dengan cara generatif dan vegetatif, setelah bunga ini mengembang dia akan layu kemudian kembali melewati siklusnya ke fase vegetatif, dimana akan tumbuh pohon baru di atas umbi bekas bunga bangkai.

Raflesia merupakan tumbuhan parasit. Bunga ini tidak akan bisa tumbuh tanpa inang untuk diserap nutrisinya. Tumbuhan ini tidak memiliki batang, daun ataupun akar yang sesungguhnya. Rafflesia merupakan endoparasit pada tumbuhan merambat tumbuhan ini akan menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar di dalam jaringan tumbuhan merambat itu. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima.

Meski begitu bunga rafflesia dengan bunga bangkai (Amorphpophallus) memiliki kesamaan. Kedua bunga ini sama-sama mengeluarkan aroma busuk. Sejauh ini ilmuwan yang meneliti Rafflesia di kebun raya tidak ada yang berhasil, karena tumbuhan ini hidup melalui infeksi terhadap tanaman lain di hutan seperti tupai, sehingga mereka tumbuh secara alami.
bunga-bangkai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>