Home » Bank Soal » Sekilas Final OSN Guru Jenjang Guru Kelas SD

Sekilas Final OSN Guru Jenjang Guru Kelas SD

osn-2013

Sekilas Soal OSN SD Final Olimpiade Sains Guru Nasional Tahun 2013

Berikut ini akan saya sampaikan sekilas tentang kegiatan lomba babak final Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru untuk jenjang guru kelas SD. Gambaran yang akan saya sampaikan berdasarkan kepada pengalaman ketika meliput OSN Guru di Hotel Jayakarta Bandung pada tahun 2013. Babak final OSN Guru untuk jenjang guru kelas SD terdiri dari 3 babak lomba yang meliputi Tes Teori Tertulis, Tes Eksperimen, dan Tes Praktek Mengajar IPA-Matematika Terpadu. Untuk penjelasannya akan saya sampaikan pada uraian di bawah ini.

Tes Teori Tertulis

Tes teori ini diikuti oleh semua peserta pada satu ruangan dengan diawasi oleh 3 dewan juri dan panitia. Materi tes terdiri atas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika. Soal terdiri dari isian singkat dan uraian. Soal yang diujikan tidak hanya berupa materi pelajaran seperti olimpiade siswa, tetapi ditambahkan tentang bagaimana mengajarkan suatu konsep IPA dan Matematika kepada siswa. Tes ini hampir mirip seperti tes ketika seleksi OSN Guru tingkat provinsi. Contoh soal tes tulis babak final dapat anda lihat dan unduh pada link berikut.

Soal Tes Tulis OSN Guru jenjang Guru Kelas SD Tingkat Nasional

Tes Eksperimen

Pada tes eksperimen ini hampir sama dengan tes OSN siswa, peralatan dan petunjuk serta pertanyaannya telah tersedia. Peserta tinggal melakukan eksperimen sesuai dengan petunjuk yang telah disediakan. Namun demikian, ada perbedaan dengan eksperimen OSN siswa, pada OSN Guru setelah selesai melakukan eksperimen wajib membuat laporan berdasarkan data hasil eksperimen dengan format tertentu. (Mohon maaf agak lupa formatnya, kalau tidak salah ada judul, tujuan, alat dan bahan, data hasil eksperimen, pembahasan, dan kesimpulan). Pada tes eksperimen ini dibutuhkan ketenangan dan kecepatan berfikir karena dibatasi waktunya.

Ada dua eksperimen yang diujikan oleh dewan juri yaitu eksperimen biologi dan eksperimen fisika. Untuk eksperimen biologi tentang percobaan ingenhousz (fotosintesis) yang dimodifikasi memakai botol plastik dan selang. Berikut ini gambar percobaan yang dilakukan yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.

percobaan-ingenhousz

Kesulitan dalam percobaan ini adalah bagaimana mengalirkan air ke dalam selang yang berdiri dan lalu menutupnya dengan plastisin. Banyak peserta yang membutuhkan waktu lama untuk melakukan kegiatan ini. Namun, setiap peserta juga punya cara unik sendiri-sendiri. Percobaan kedua adalah tentang rangkaian listrik seri dan paralel. Para peserta diminta merangkai dan menunjukkan ke juri hasil rangkaiannya. Selain itu peserta juga diminta menggambarkan rangkaian paralel (mendesain) pada suatu rumah. Percobaan ini tergolong mudah, akan tetapi perlu kejelian dalam merangkai sehingga tidak salah.

Tes Praktek Mengajar IPA-Matematika Terpadu

Dalam tes ini, setiap peserta melakukan kegiatan praktek mengajar (micro teaching) dihadapan peserta lain. Materi, tujuan, dan peralatan semuanya sudah disiapkan oleh dewan juri. Satu malam sebelum praktek, setiap peserta mendapatkan buku panduan yang berisi tujuan, alat dan bahan, serta kompetensi yang harus diajarkan. Setiap peserta diundi, dan urutan maju serta materi sesuai dengan hasil undian. Contoh, peserta yang mendapat undian nomor satu maka dia akan maju prektek mengajar urutan pertama dan mendapatkan materi set pertama pada buku panduan.

Setiap peserta dituntut berfikir cepat dalam semalam untuk menentukan bagaimana mengajar dengan alat yang dia dapatkan dan mau mengajarkan apa, serta metodenya seperti apa? Setiap peserta boleh bebas bertanya dan berdiskusi kepada siapa pun dalam waktu satu malam. Kebanyakan peserta kesulitan dalam menyatukan antara matematika dan IPA dalam satu paket pembelajaran terpadu dengan durasi waktu kira-kira 20 – 30 menit. Setelah selesai praktek, setiap peserta membuat laporan/resume tentang apa yang telah dipraktekannya ketika maju praktek mengajar.

Untuk penilaian dilakukan secara menyeluruh dari tes teori, tes eksperimen, dan tes praktek mengajar terpadu. Setiap babak juga diambil “the best” peraih nilai terbaik. Demikian pengalaman yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

2 comments

  1. Link download soalnya sudah di perbaharui, silahkan bisa di download… atau kunjungi http://maslatip.com/soal-osn-guru-sd-tingkat-nasional.html

  2. mantap mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>