Home » Sains » Sifat-Sifat Magnet
Magnet berbentuk U yang mempunyai sifat-sifat dapat menarik benda tertentu dan punya 2 kutub utara (N) dan selatan (S) (sumber gambar : www.theschoolrun.com)
Magnet berbentuk U yang mempunyai sifat-sifat dapat menarik benda tertentu dan punya 2 kutub utara (N) dan selatan (S) (sumber gambar : www.theschoolrun.com)

Sifat-Sifat Magnet

Maslatip.com – Suatu benda dapat disebut magnet jika memiliki sifat-sifat kemagnetan. Salah satu sifat-sifat magnet yang mudah diamati adalah kemampuan untuk menarik benda-benda tertentu seperti besi dan baja. Jika anda menemukan benda yang dapat menarik serpihan besi atau baja maka benda tersebut termasuk magnet. Berikut ini daftar sifat-sifat magnet secara lengkap.

1. Magnet dapat menarik benda-benda tertentu.

Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. Magnet mempunyai sifat hanya bisa menarik benda-benda tertentu saja yang terbuat dari besi, baja, nikel, dan kobalt. Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda magnetik. Sedangkan benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda non magnetik. Contoh benda non magnetik adalah kayu, kain, plastik, dan kaca.

2. Magnet mempunyai 2 kutub yaitu kutub utara (U atau N) dan kutub selatan (S).

Setiap magnet memiliki dua kutub, yaitu: utara (U atau N) dan selatan (S). Kutub magnet adalah daerah yang berada pada ujung-ujung magnet dengan kekuatan magnet yang paling besar berada pada kutub-kutubnya. Kutub utara biasa disingkat U atau N. N berasal dari kata North dalam bahasa inggris. Sedangkan kutub selatan disingkat S yang berasal dari kata Selatan atau South dalam bahasa inggris.

3. Gaya tarik magnet terkuat berada pada kutub-kutubnya

Jika kita mendekatkan besi pada magnet maka besi itu akan tertarik di daerah kutub magnet. Hal ini karena kutub magnet mempunyai gaya tarik magnet terkuat.

4. Jika 2 kutub magnet yang senama (N dan N atau S dan S) didekatkan maka akan tolak menolak. Sedangkan jika 2 kutub magnet yang berlainan / berlawanan (N dan S) didekatkan maka akan saling tarik menarik.

Kutub magnet yang senama jika didekatkan akan tolak menolak sedangkan kutub magnet yang berlainan akan tarik menarik.

Kutub magnet yang senama jika didekatkan akan tolak menolak sedangkan kutub magnet yang berlainan akan tarik menarik.

5. Gaya magnet dapat menembus penghalang

Gaya magnet mempunyai sifat yang khas yaitu dapat tetap bekerja pada suatu benda meskipun terdapat penghalang. Kuat tidaknya gaya magnet yang menarik suatu benda tergantung pada tebal tipisnya penghalang. Semakin tebal penghalang maka pengaruh gaya magnet yang bekerja semakin kecil.

gaya-magnet-dapat-menembus-bendaSelain tebal dan jenis benda penghalang, kekuatan magnet juga mepengaruhi besar gaya tembus magnet. Jika makin kuat suatu magnet, maka makin besar pula kemampuan gaya magnet tersebut untuk menembus suatu benda.

6. Jika magnet dalam keadaan bebas akan selalu menghadap ke utara dan selatan.

Magnet yang diposisikan dalam keadaan bebas tidak terpengaruh oleh gaya lain, maka kutub-kutub magnet akan selalu menghadap ke arah utara dan selatan. Hal ini karena kutub utara magnet akan tertarik oleh kutub selatan medan magnet bumi, sedangkan kutub selatan magnet akan tertarik oleh kutub utara medan magnet bumi.

Bumi kita dikelilingi oleh medan magnet yang mempunyai kutub berkebalikan dengan arah utara dan selatan. Kutub utara medan magnet bumi berada di kutub selatan bumi, sedangkan kutub selatan medan magnet bumi berada di kutub utara bumi. Cara memposisikan magnet dalam keadaan bebas dapat dilakukan dengan mengapungkan magnet di atas permukaan air melalui gabus/sterofoam atau digantung dengan tali.

7. Sifat kemagnetan suatu magnet dapat dihilangkan dengan cara dipukul-pukul, dibanting, dan dibakar / dipanaskan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang magnet, maka Anda bisa membaca artikel magnet lainnya di blog ini. Terima kasih atas kunjungan dan waktu luang Anda untuk membaca artikel saya ini. Demikian penjelasan singkat tentang sifat-sifat magnet, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>