Home » Bank Soal » Soal Eksplorasi Olimpiade OSN Matematika SD Tingkat Nasional 2011

Soal Eksplorasi Olimpiade OSN Matematika SD Tingkat Nasional 2011

Contoh Soal Eksplorasi OSN Matematika SD :

Sebuah dadu akan digulingkan dari sudut kiri bawah (petak A) ke sudut kanan atas (petak B) dari sebuah papan berpetak (lihat Gambar 1a). Pada setiap gerakan, dadu hanya boleh berguling dari sebuah petak ke petak sebelah kanannya atau berguling ke petak sebelah atasnya. Jika dadu berguling ke kanan, maka muka dadu sebelah kiri akan berubah menjadi muka atas. Sedangkan jika dadu berguling ke atas, muka dadu sebelah depan akan berubah menjadi muka atas. Sebagai ilustrasi, pada dadu di Gambar 1b di bawah ini, kita namakan posisi dadu pada 3 – 1 – 2; yang berarti nilai muka atasnya 3; nilai muka kirinya 1; dan nilai muka depannya 2: Jika dadu tersebut digulingkan ke kanan, maka nilai muka atas di posisi berikutnya adalah 1: Tetapi jika pada posisi awal yang sama dadu digulingkan ke atas nilai muka atas berikutnya adalah 2.

dadu-matematikaJika petak A dan petak B terletak pada papan berpetak berukuran 8 x 8; maka ada sebanyak lima belas petak yang dijelajahi dadu tersebut (termasuk petak A dan petak B). Pada setiap gerakan, kita catat nilai muka atas dari dadu tersebut. Gambarkan lintasan dadu di petak yang diberikan dengan cara menuliskan nilai muka atas di tiap petak yang dilalui sehingga jumlah nilai muka atasnya maksimum.

Soal eksplorasi selengkapnya dapat diunduh melalui link di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Soal Eksplorasi Olimpiade OSN Matematika SD 2011 download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>