Home Bank Soal Soal Olimpiade Fisika SMA Eksperimen Tingkat Nasional 2006

Soal Olimpiade Fisika SMA Eksperimen Tingkat Nasional 2006

284
0
SHARE

Berikut ini soal olimpiade fisika SMA yang digunakan dalam eksperimen OSN Bidang Fisika SMA tahun 2006 Tingkat Nasional. Soal eksperimen OSN bidang fisika untuk siswa SMA ini dikerjakan dalam waktu 3 jam. Perlu ketenangan, kecepatan berfikir dan ketelitian dalam mengerjakan eksperimen ini agar hasilnya baik. Sekilas gambaran eksperimen olimpiade fisika SMA tingkat nasional tahun 2006 yang diselenggarakan di semarang adalah :

Tujuan Percobaan

Menentukan Momen Inersia silinder.

Peralatan

  1. Statip
  2. Silinder logam
  3. Penggaris
  4. Stopwatch
  5. Benang dan gunting

Silinder logam dengan diameter D, dan massa m digantung dengan 2 utas tali dengan jarak d (Gambar 1). Besarnya massa silinder m tertera dilabel yang menempel di batang.

momen-inersia-silindereksperimen osn fisika sma 2006

Eksperimen II

Lakukan seperti pada eksperimen I dengan mengambil nilai d tetap namun nilai ℓ divariasi sebanyak 7 kali.

  • Buktikan rumus (1)
  • Dari data eksperimen I, buat tabel perioda sebagai fungsi (d) kemudian gambar grafiknya. Tentukan nilai momen inersia silinder
  • Dari data eksperimen II, buat tabel perioda sebagai fungsi (l) kemudian gambar grafiknya. Tentukan nilai momen inersia silinder.
  • Bandingkan momen inersia yang diperoleh dari pertanyaan 2 dan 3 kemudian bandingkan pula dengan momen inersia hasil perhitungan secara teori.

Soal eksperimen selengkapnya dapat diunduh melalui link berikut ini. Terima kasih atas kunjungan anda dan semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Fisika SMA Eksperimen OSN Tingkat Nasional 2006 download

Jawaban Soal Olimpiade Fisika SMA Eksperimen OSN Tingkat Nasional 2006 download

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here