Home Bank Soal Soal Olimpiade Fisika SMA OSN Tingkat Nasional 2006

Soal Olimpiade Fisika SMA OSN Tingkat Nasional 2006

175
0
SHARE

Soal Olimpiade Fisika

Berikut ini adalah contoh soal yang digunakan dalam olimpiade bidang fisika siswa SMA dalam lomba olimpiade sains nasional (OSN) 2006.

Contoh 1 soal olimpiade bidang fisika siswa SMA OSN 2006 :

Sebuah bola dengan massa m dan jari jari r (momen inersia bola I = 2/5 mr2) berada di atas sebuah kereta bermassa M. Mula-mula kereta M diam, sedangkan bola m bergerak dengan kecepatan v0 tanpa menggelinding sama sekali. Kemudian bola memasuki bagian kasar di atas kereta. Ketika keluar dari bagian kasar, bola sudah menggelinding tanpa slip.

momen-inersia-osn-2006

  • Hitung kecepatan akhir m dan M relatif terhadap bumi ketika bola sudah bergerak tanpa slip?
  • Hitung juga kecepatan sudut akhir dari m!
  • Berapa panjang minimum s agar bola akhirnya bisa menggelinding tanpa slip?

Contoh 2 soal olimpiade bidang fisika siswa SMA OSN 2006 :

Perhatikan sistem massa-pegas sebagai berikut. Abaikan gesekan pada sistem, massa tali dan massa pegas. Jika panjang tali L dan mula-mula semua sistem ditahan diam.

bidang-miring

  • Berapakah percepatan massa M saat sistem dilepas? Anggap pada keadaan awal, pegas tidak teregang/tertekan dengan panjang l1.
  • Berapakah tegangan tali T  sesaat setelah sistem dilepas? Apakah energi total sistem kekal?
  • Jika M dilepas dari diam, maka M akan bergerak mendekati dinding. Setelah bergeser sejauh x0 , M akan diam sesaat. Berapakah x0 ?
  • Massa M akan berosilasi bolak-balik di sekitar titik kesetimbangan. Dimanakah posisi kesetimbangan sistem dihitung dari posisi mula-mula?

Soal olimpiade bidang fisika untuk siswa SMA selengkapnya dapat diunduh melalui link berikut ini. Terima kasih atas kunjungan anda dan semoga Bermanfaat.

Soal Olimpiade Fisika OSN SMA Tingkat Nasional 2006 download

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here