Home Bank Soal Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD Tingkat Provinsi 2019

Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD Tingkat Provinsi 2019

178
0

Soal OSN IPA SD 2019 – Sobat olimpiade mania, berikut ini kumpulan soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD Tingkat Provinsi Tahun 2019. Soal terdiri dari pilihan ganda (PG) dan isian singkat. Soal-soal tersebut diharapkan bisa digunakan sebagai latihan para siswa dalam menghadapi seleksi olimpiade selanjutnya.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah sebuah ajang kompetisi tahunan bagi siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Untuk siswa SD, ada 2 mata pelajaran yang dilombakan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika.

Untuk bisa lolos hingga final di tingkat nasional, seorang peserta harus mengikuti seleksi dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, dan provinsi. Siswa dengan nilai terbaik masing-masing provinsi akan bertanding ke level nasional melawan peserta terbaik dari provinsi lain.

Ada 3 macam medali yang biasanya diperebutkan pada tingkat nasional, berupa medali emas, perak, dan perunggu. Namun, untuk mendapatkan medali tersebut tidaklah mudah, setiap siswa harus bisa mengerjakan soal olimpiade dengan tingkat kesulitan di atas rata-rata.

Jumlah soal yang diujikan untuk seleksi tingkat provinsi ini ada 40 soal pilihan ganda dan 10 soal isian singkat. Untuk materi soal berupa IPA terpadu, mulai dari biologi, kimia, fisika, hingga astronomi. Bahasa yang digunakan ada 2 macam, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, namun lebih dominan soal berbahasa Indonesia. Kira-kira seperti apa ya soal yang dipakai? Yuk, simak contohnya berikut.

Daftar Contoh Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD Tingkat Provinsi 2019 Dan Link Download

Soal Pilihan Ganda (PG)

Perhatikan grafik tingkat ketebalan dinding lapisan pembuluh darah berikut!

Soal-OSN-IPA-SD-Tingkat-Provinsi-2019

Berdasarkan data pada grafik, pembuluh yang memiliki aliran darah dengan kecepatan paling tinggi dan yang paling rendah adalah ….

A. P dan R
B. Q dan S
C. R dan T
D. S dan T

Komponen utama penyusun sistem rangka pada manusia adalah ….

A. darah, osteon, kartilago, dan tendon
B. osteon, kartilago, tendon, dan sendi
C. kartilago, sendi, osteon, dan ligamen
D. kartilago, tendon, ligamen, dan sendi

Berikut adalah gambaran eksperimen transpor molekul antara dua larutan (X dan Y) yang dibatasi oleh membran semipermeabel.

Osmosis

Setelah tiga puluh menit, perkiraan arah pergerakan molekul yang akan terjadi berdasarkan pengamatan pada gambar adalah ….

Seorang dokter gigi menggunakan cermin cekung dengan jarak fokus 2 cm. Jika sebuah benda berada pada jarak 1,5 cm dari cermin, maka sifat bayangan yang dihasilkan adalah ….

A. nyata, tegak, diperbesar
B. nyata, terbalik, diperbesar
C. maya, tegak, diperbesar
D. maya, terbalik, diperbesar

Sebuah kereta bergerak dengan kelajuan 72 km / jam. Ketika kereta mulai memasuki lorong stasiun gambir, Masinis mengurangi kelajuan kereta dengan perlambatan 2 meter / detik kuadrat. Jika kereta berhenti tepat pada ujung lorong stasiun, maka panjang lorong stasiun gambir adalah ….

A. 36 meter
B. 100 meter
C. 121 meter
D. 144 meter

Baca Juga :

Aluminum and iron are heated by the same amount of heat source. Aluminum as higher specific heat compare to iron. If both metals have the same sizes and masses, which statements below is correct?

A. Aluminum will have lower temperature difference
B. Aluminum will have higher temperature difference
C. Aluminum and iron will have same temperature difference
D. Aluminum and iron will be melted

Ecosystem with the highest biodiversity is ….

A. rain forest
B. coral reef
C. savana
D. seagrass

Andri memiliki sebuah pengisi daya portabel (Power Bank) bertuliskan 10.000 mAh. Jika Andri mengisi power bank dengan arus sebesar 2 A, maka lama waktu pengisian Power Bank dari awal hingga terisi penuh adalah ….

A. 2 Jam
B. 3 Jam
C. 4 Jam
D. 5 Jam

Perhatikan gambar berikut!

Dari eksperimen dapat dilihat setelah lilin mati menyebabkan masuknya cairan ke dalam wadah gelas sehingga terjadi kenaikan permukaan cairan di dalam wadah gelas. Penyebab terjadinya kenaikan air dalam wadah gelas tersebut adalah ….

A. tekanan udara di dalam gelas lebih tinggi dibandingkan di luar gelas
B. tekanan udara di dalam gelas lebih rendah dibandingkan di luar gelas
C. suhu di luar gelas lebih rendah dibandingkan bagian di dalam gelas
D. suhu di luar gelas sama dengan bagian di dalam gelas

Berikut ini pernyataan yang tidak tepat mengenai empedu adalah ….

A. dihasilkan dari perombakan sel darah merah
B. digunakan pada proses pencernaan lemak
C. diproduksi oleh kantung empedu dan disimpan oleh hati
D. merupakan bahan dasar pewarnaan urin dan feses

Soal Isian Singkat

Tumbuhan hijau pada piramida makanan menempati posisi tingkat trofik ke ……….. karena bertindak sebagai ……….

Perpindahan lokasi dari tempat terang ke tempat gelap seringkali memunculkan fenomena buta sesaat. Fenomena tersebut karena aktifitas sel …….. pada retina sedangkan sel ………. peka terhadap perbedaan warna.

Nata de coco adalah salah satu produk makanan hasil proses fermentasi yang dilakukan oleh mikroorganisme dari kelompok ……… dan menggunakan bahan dasar ………

Sebuah bandul bergetar dari titik A seperti pada gambar berikut!

Jika waktu gerak A-B-C-D-E-D adalah 2,5 detik, maka frekuensi bandul adalah ………. Posisi bandul setelah bergerak selama 13 detik berada pada titik ……….

Untuk soal versi lengkap, bisa di download melalui link di bawah ini.

Soal Pilihan Ganda Dan Isian Singkat OSN IPA SD Tingkat Provinsi 2019 download

Demikianlah contoh soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD Tingkat Provinsi 2019 beserta link downloadnya. Cukup sulit bukan soal yang dibuat? Nah, bila Anda punya pengalaman selama mengikuti rangkaian kegiatan OSN, bisa berbagi melalui kolom komentar. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here