Home » Bank Soal » Soal Olimpiade Matematika (OSN) Pertamina Perguruan Tinggi Seleksi Tingkat Provinsi 2010

Soal Olimpiade Matematika (OSN) Pertamina Perguruan Tinggi Seleksi Tingkat Provinsi 2010

Berikut ini contoh soal yang digunakan dalam seleksi Olimpiade matematika Pertamina tingkat provinsi untuk Perguruan Tinggi. Bagi mahasiswa yang akan ikut olimpiade matematika bisa mempersiapkan diri dengan berlatih mengerjakan soal-soal berikut. Soal ini juga bisa digunakan untuk siswa SMA dalam berlatih untuk mengikuti OSN Bidang Matematika. Link download soal versi lengkap bisa di klik di bagian bawah soal ini. Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

Seseorangmemiliki 7 potong kertas. Iamengambil beberapa potong lalu setiap potongan tersebut digunting menjadi 7 bagian. Secara berulang ia melakukan hal yang serupa. Jumlah potongan yang memungkinkan adalah ….

a. 2012
b. 2011
c. 2010
d. 2009
e. 2008

Jika m dan n bilangan-bilangan asli yang mempunyai faktor-faktor prima yang sama, begitu pula m + 1 dan n + 1 mempunyai faktor-faktor prima yang sama. Banyak pasangan bilangan asli (m, n) yang memenuhi kedua sifat tersebut adalah ….

a. 0
b. 1
c. 2
d. 5
e. Tak berhingga

Jika ada tiga ekor kudamengikuti sebuah lomba pacuan, maka banyak cara tiga kuda tersebut melewati garis finis adalah ….

a. 13
b. 6
c. 12
d. 7
e. 14

Jika x bilangan asli terkecil sehingga x dibagi 4 bersisa 3, x dibagi 5 bersisa 4, x dibagi 7 bersisa 2 dan x dibagi 9 bersisa 6, maka jumlah digit-digit dari x adalah ….

a. 6
b. 9
c. 12
d. 15
e. 18

Sebuah tanki berkapasitas 50 liter mula-mula mengandung 50 liter larutan dengan kandungan garam sebanyak 1/10 kilogram per liter. Kemudian larutan yang mengandung garam sebanyak 1/2 kilogram per liter masuk ke dalam tanki dengan kecepatan 4 liter/menit dan secara bersamaan larutan dalam tanki keluar dengan kecepatan yang sama pula. Diasumsikan larutan dalam tanki tercampur secara baik. Tentukan banyaknya garam yang terkandung di dalam tanki untuk waktu yang sangat lama.

a. 4 kg
b. 5 kg
c. 10 kg
d. 25 kg
e. 30 kg

Siti menggambar segi 9 beraturan. Ia ingin memberi angka 1 sampai 9 pada setiap titik sudut sedemikian sehingga jumlah 3 angka yang letaknya berurutan tidak melebihi sebuah nilai bilangan bulat positive n. Nilai minimum dari n yang mungkin adalah ….

a. 13
b. 14
c. 15
d. 16
e. 17

Soal Olimpiade Matematika (OSN) Pertamina Perguruan Tinggi Seleksi Tingkat Provinsi 2010 download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>