Home » Bank Soal » Soal Olimpiade Matematika SD Isian Singkat OSN Pekanbaru
Soal Olimpiade Matematika SD
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal olimpiade matematika SD dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan yang diikuti oleh siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.

Soal Olimpiade Matematika SD Isian Singkat OSN Pekanbaru

Maslatip.com – Berikut ini soal olimpiade matematika SD tipe isian singkat yang digunakan dalam olimpiade sains nasional (OSN) pada tahun 2004 di Pekan Baru. Soal ini bisa Anda gunakan untuk latihan siswa yang akan mengikuti seleksi OSN tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Soal selengkapya bisa di download pada link di bawah soal berikut ini.

Contoh soal olimpiade matematika SD isian singkat OSN Pekan Baru :

  1. Meja-meja belajar di kelasku disusun dalam banyak baris yang sama. Mejaku berada pada baris keempat dari depan dan ketiga dari belakang. Ada 4 meja di sebelah kanan dan 1 meja di sebelah kiri. Berapa banyak meja di kelasku?
  2. Suatu perusahaan memutuskan untuk menurunkan semua harga barang yang dijualnya dengan persentase yang sama. Jika harga sebuah celana diturunkan harganya dari Rp.66.000, 00 menjadi Rp.45.000, 00; tentukan harga baru sebuah baju yang harganya Rp.22.000, 00.
  3. Hasil tes matematika kelas 5 telah diumumkan. Nilai rata-rata kelas 5A adalah 7, sedangkan untuk kelas 5B adalah 8. Jika ada 27 siswa di kelas 5A dan 23 siswa di kelas 5B, berapakah nilai rata-rata untuk kedua kelas itu?
  4. Untuk menempuh perjalanan dari kota A ke kota B, dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam, seorang sopir bis biasanya memerlukan waktu selama 6 jam 40 menit. Tentukan kecepatan rata-rata bis tersebut agar ia tiba di kota B dalam waktu 1 jam 20 menit lebih awal dari biasanya.
  5. Dengan menurunkan kecepatan kendaraannya dari 60 km/jam menjadi 50 km/jam, jarak yang ditempuh sepeda motor Anas akan bertambah 3 km untuk setiap liter bensin yang digunakannya. Pada kecepatan 50 km/jam, sepeda motor Anas dapat menempuh jarak 18 km/liter. Tentukan berapa liter bensin yang dapat dihemat Anas dalam perjalanan sejauh 180 km jika ia menurunkan kecepatan dari 60 km/jam menjadi 50 km/jam.
  6. Sebuah bis melaju dengan kecepatan tetap 60 km/jam menuju kota Q lewat kota P. Bis tersebut melewati kota P pada pukul 06.00 dan tiba di kota Q pada pukul 12.00. Sebuah sedan dengan tujuan sama melaju dengan kecepatan tetap 90 km/jam dan dapat mendahului bis pada pukul 09.00. Pada pukul berapa sedan melintasi kota P?
  7. Berapa banyak kubus satuan yang masih diperlukan untuk memenuhi kotak pada gambar berikut ini?

kubus-dalam-kotakSoal olimpiade matematika SD isian singkat OSN Pekan Baru download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>