Home » Bank Soal » Soal Olimpiade Matematika SD KSM Tingkat Provinsi
Soal Olimpiade Matematika SD
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal olimpiade matematika SD dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan yang diikuti oleh siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.

Soal Olimpiade Matematika SD KSM Tingkat Provinsi

Maslatip.com – Kolom soal olimpiade matematika SD kali ini akan berbagi soal olimpiade yang digunakan dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi. Soal ini setingkat atau selevel dengan soal olimpiade matematika SD yang biasa digunakan dalam berbagai lomba olimpiade matematika di tingkat nasional. Anda dapat menggunakan soal matematika ini sebagai latihan dalam mempersiapkan lomba olimpiade matematika SD yang akan diikuti.

Contoh Soal Olimpiade Matematika KSM Tingkat Provinsi Jenjang SD/MI

  1. The average of 10 students’ test scores is 69. Three students score 80, 60 and 40 respectively. Three other students score 90 and two students score 50. The other two students receive the same score, which is ….
  2. Lima anak bersaudara yang memiliki usia berbeda mendapat hadiah total sebesar Rp. 100.000,-. Uang tersebut dibagikan dengan pengaturan sebagai berikut: setiap anak (kecuali yang termuda) memperoleh uang 5.000 lebih banyak dari saudaranya yang lebih muda tepat dibawahnya. Maka uang yang diperoleh oleh anak yang termuda adalah …. rupiah.
  3. Pada hari Senin Ayah membeli bensin hingga tangki bensinnya terisi penuh dan pada spedometernya tertulis angka 17.060 km. Seminggu kemudian saat spedometer menunjukkan angka 17.492 km, Ayah mengisi bensin lagi sampai penuh seharga Rp 144.000,-. Jika harga bensin Rp 4.500,- per liter, maka rata-rata satu liter bensin dapat digunakan untuk menempuh jarak …. km.
  4. Setelah bermain sebanyak 20 pertandingan dengan sistem menang-kalah, sebuah klub basket mendapat kemenangan sementara sebanyak 8 kali. Bila pertandingan selanjutnya selalu menang, maka jumlah pertandingan yang harus dijalani agar kemenangannya menjadi 50% adalah …. pertandingan.
  5. Reza berlari empat kali lebih cepat dari Samsul berjalan. Jika Samsul menyelesaikan ujian pada jam 10.45 kemudian langsung pulang, sedangkan Reza baru menyelesaikan ujian pada jam 11.00 kemudian langsung mengejar Samsul melalui jalan yang sama. Pukul berapakah Reza menyusul Samsul?
  6. Adi memilih satu bilangan, Bobi mengalikannya dengan 2. Candi mengalikan bilangan Adi dengan 3. Terakhir Didi mengalikan bilangan Candi dengan 6. Endang melihat bahwa jumlah keempat bilangan itu adalah bilangan kuadrat sempurna. Berapakah bilangan terkecil yang dipilih Adi?
  7. Jika masing-masing lingkaran berjari-jari 1, dan A, B, C merupakan titik-titik dimana persegi panjang menyinggung lingkaran, luas segitiga ABC adalah …. satuan luas.

lingkaran-dalam-persegi

Demikian contoh soal olimpiade matematika SD yang dapat di share pada kesempatan kali ini. Untuk soal selengkapnya dapat diunduh melalui link berikut. Semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Matematika SD Lomba KSM Tingkat Provinsi download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>