Home » Bank Soal » Soal Olimpiade Matematika SD Se-Jawa Timur PGSD Unesa
Soal Olimpiade Matematika SD
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal olimpiade matematika SD dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan yang diikuti oleh siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.

Soal Olimpiade Matematika SD Se-Jawa Timur PGSD Unesa

Maslatip.com – Berikut ini soal olimpiade matematika SD yang digunakan dalam lomba olimpiade matematika SD se-Jawa Timur yang diselenggarakan oleh PGSD Unesa pada tahun 2013. Soal olimpiade matematika SD ini bisa digunakan sebagai bahan latihan dalam menghadapi event lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan setiap tahun oleh pemerintah atau pun event lomba olimpiade yang lainnya.

Soal olimpiade matematika SD Nomor 1 :

Sebuah kapal memiliki dua bagian. Bagian pertama terdiri dari 5 kursi tiap barisnya. Bagian kedua terdiri dari 9 kursi setiap barisnya. Terdapat kurang dari 26 baris. Kapal tersebut memiliki 217 kursi. Berapa banyak baris pada bagian kedua?

Soal olimpiade matematika SD Nomor 2 :

Ada tiga jalan yang menghubungkan universitas dengan danau. Terdapat empat jalan yang menghubungkan danau tersebut dengan museum. Ada lima jalan yang menghubungkan museum dengan perpustakaan. Lalu, ada berapa jalan berbeda yang bisa ditempuh dari universitas menuju perpustakaan?

Soal olimpiade matematika SD Nomor 3 :

Tiga persegi panjang dengan diagonal-diagonal bidang seperti tampak dibawah. Banyak segitiga siku-siku pada gambar berikut adalah ….

segitiga dalam persegi

Soal olimpiade matematika SD Nomor 4 :

Benny dan Steven menghabiskan waktu akhir pekan dengan bersepeda bersama di taman kota. Benny bersepeda dengan kecepatan 22 km/jam dan ia berada 3 km sebelum taman kota. Sedangkan Steven berada 900 meter didepan Benny. Jika mereka berjanji sampai di taman kota bersama maka kecepatan maksimal Steven adalah ….

Soal olimpiade matematika SD Nomor 5 :

Dalam sebuah pameran kerajinan tangan penjualnya menjual kerajinan tangan yang berbeda – beda, sebanyak 686 menjual tas, 596 menjual sepatu dan 736 menjual topi. Ada juga yang menjual tas dan sepatu sebanyak 446, yang menjual tas dan topi sebanyak 306 dan yang menjual topi dan sepatu sebanyak 526. Ternyata ada yang tidak menjual ketiganya berjumlah 260 orang. Apabila jumlah penjual 2600 maka penjual yang menjual ketiga kerajinan tangan tersebut berjumlah ….

Soal olimpiade matematika SD selengkapnya dapat Anda download melalui link berikut ini. Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade matematika SD Se-Jawa Timur PGSD Unesa download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>