Home » Bank Soal » Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2010
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal Olimpiade Matematika SMP dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan untuk siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal Olimpiade Matematika SMP dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan untuk siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2010

Maslatip.comSoal Olimpiade Matematika SMP yang akan dibagikan kali ini adalah soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Kabupaten Kota 2010. Soal ini digunakan dalam seleksi peserta yang akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Bagi peserta yang lolos seleksi tingkat Kabupaten Kota maka berhak mengikuti seleksi tingkat Provinsi yang selanjutnya jika lolos lagi maka akan mengikuti final olimpiade matematika SMP di tingkat nasional dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Soal olimpiade matematika SMP seleksi OSN tingkat Kabupaten Kota ini terdiri dari 2 tipe soal yaitu soal pilihan ganda dan soal isian (uraian). Soal olimpiade matematika ini dapat Anda gunakan sebagai bahan latihan dalam pembinaan sehari-hari kepada para siswa calon peserta OSN. Deangan pembinaan dan latihan yang rutin maka kemungkinan mendapat gold medal, silver medal, atau bronze medal akan lebih mudah terwujud.

Contoh soal olimpiade matematika SMP Kabupaten Kota 2010 Pilihan Ganda

Diberikan dua buah bilangan bulat berbeda yang berjumlah 37. Apabila bilangan yang lebih besar dibagi dengan bilangan yang lebih kecil, maka hasil baginya adalah 3 dan sisanya 5. Selisih kedua bilangan tersebut adalah ….

A. 21
B. 22
C. 23
D. 24
E. 25

Tersedia tujuh gambar yang berbeda akan dipilih empat gambar yang akan dipasang membentuk barisan memanjang. Banyaknya cara yang dapat dilakukan jika sebuah gambar yang harus terpilih selalu di pasang di ujung adalah ….

A. 420
B. 504
C. 520
D. 720
E. 710

Anto mempunyai 20 lembar seribuan, 4 lembar lima ribuan dan 2 lembar sepuluh ribuan. Jika x,y, dan z adalah banyaknya seribuan, lima ribuan, dan sepuluh ribuan, maka banyak cara berbeda sehingga jumlahnya dua puluh ribu adalah …

A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
E. 10

Contoh soal olimpiade matematika SMP Kabupaten Kota 2010 Isian

Sebuah kotak berisi bola merah dan hijau. Jika empat bola merah dikeluarkan dari kotak maka sepersepuluh sisanya adalah bola merah. Akan tetapi jika empat bola hijau dikeluarkan dari kotak maka seperlima sisanya adalah bola merah. Banyak bola merah yang semula berada di dalam kotak tersebut adalah ….

Sebuah perahu motor meninggalkan kapal induk ke arah utara menuju suatu target dengan kecepatan tetap 80 km/jam. Kapal induk bergerak ke arah timur dengan kecepatan tetap 40 km/jam. Apabila perahu motor tersebut hanya mempunyai bahan bakar yang cukup untuk berjalan 4 jam saja, maka jarak maksimum target yang dapat ditujunya agar ia dapat kembali ke kapal induk tanpa masalah adalah … km.

Suatu pekerjaan jika dikerjakan oleh Anto dan Dini dapat diselesaikan dalam waktu 6 jam. Jika pekerjaan itu dikerjakan oleh Dini sendirian akan selesai lima jam lebih lambat di bandingkan Anto. Pekerjaan itu dapat diselesaikan oleh Anto sendirian dalam waktu … jam.

Soal tersebut di atas hanya sebagian contoh soal yang digunakan dalam seleksi OSN tingkat Kabupaten Kota 2010. Untuk soal olimpiade matematika SMP tingkat Kabupaten Kota tahun 2010 selengkapnya dapat diunduh melalui link berikut, semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2010 download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>