Home » Bank Soal » Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2011
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal Olimpiade Matematika SMP dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan untuk siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal Olimpiade Matematika SMP dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan untuk siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2011

Maslatip.comSoal Olimpiade Matematika SMP yang akan dibagikan kali ini adalah soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Kabupaten Kota 2011. Soal ini digunakan dalam seleksi peserta yang akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Bagi peserta yang lolos seleksi tingkat Kabupaten Kota maka berhak mengikuti seleksi tingkat Provinsi yang selanjutnya jika lolos lagi maka akan mengikuti final olimpiade matematika SMP di tingkat nasional dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Soal olimpiade matematika SMP seleksi OSN tingkat Kabupaten Kota ini terdiri dari 2 tipe soal yaitu soal pilihan ganda dan soal isian (uraian). Soal olimpiade matematika ini dapat Anda gunakan sebagai bahan latihan dalam pembinaan sehari-hari kepada para siswa calon peserta OSN. Dengan pembinaan dan latihan yang rutin maka kemungkinan mendapat gold medal, silver medal, atau bronze medal akan lebih mudah terwujud.

Contoh soal olimpiade matematika SMP Kabupaten Kota 2011 Pilihan Ganda

Seorang ilmuwan melakukan percobaan terhadap 50 ekor kelinci, dan melaporkan hasilnya sebagai berikut :

  • 25 ekor diantaranya kelinci jantan.
  • 25 ekor dilatih menghindari jebakan, 10 ekor diantaranya jantan.
  • 20 ekor (dari total 50 ekor) berhasil menghindari jebakan, 4 ekor diantaranya jantan.
  • 15 ekor yang pernah dilatih berhasil menghindari jebakan, 3 ekor diantaranya jantan.

Berapa ekor kelinci betina yang tidak pernah dilatih, tidak dapat menghindari jebakan?

A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
E. 9

Rataan usia kelompok guru dan profesor adalah 40 tahun. Jika rataan kelompok guru adalah 35 tahun sedangkan rataan kelompok profesor adalah 50 tahun, perbandingan banyaknya guru dengan profesor adalah ….

A. 2 : 1
B. 1 : 2
C. 3 : 2
D. 2 : 3
E. 3 : 4

Lima orang akan pergi ke pantai menggunakan sebuah mobil berkapasitas 6 tempat duduk. Jika hanya ada dua orang yang bisa menjadi sopir, maka banyaknya cara mengatur tempat duduk mereka di dalam mobil adalah ….

A. 60
B. 120
C. 180
D. 240
E. 280

Contoh soal olimpiade matematika SMP Kabupaten Kota 2011 Isian

Lima permen identik (berbentuk sama), satu rasa apel, dua rasa jeruk, dan dua rasa jahe akan dibagikan kepada lima sekawan Anto, Bono, Carli, Dede, dan Edo, sehingga masing-masing mendapat satu permen. Peluang Anto mendapat permen rasa jahe adalah ….

Perhatikan gambar berikut. ABCD pesegi dengan panjang sisi-sisinya adalah 2 cm. E adalah titik tengah CD dan F adalah titik tengah AD. Luas daerah EDFDGH adalah …. cm persegi.

Luas-Persegi-Soal-OSN-Matematika-SMPSebuah kotak berisi 500 kelereng berukuran sama yang terdiri dari 5 warna dimana masing-masing kelereng sewarna berjumlah 100. Minimum banyaknya kelereng yang harus diambil secara acak sedemikian sehingga kelereng yang terambil dijamin memuat sedikitnya 5 kelereng yang berwarna sama adalah ….

Soal tersebut di atas hanya sebagian contoh soal yang digunakan dalam seleksi OSN tingkat Kabupaten Kota 2011. Untuk soal olimpiade matematika SMP tingkat Kabupaten Kota tahun 2011 selengkapnya dapat diunduh melalui link berikut, semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2011 download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>