Home Bank Soal Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2012

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2012

40
0
SHARE

Maslatip.comSoal Olimpiade Matematika SMP yang akan dibagikan kali ini adalah soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Kabupaten Kota 2012. Soal ini digunakan dalam seleksi peserta yang akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Bagi peserta yang lolos seleksi tingkat Kabupaten Kota maka berhak mengikuti seleksi tingkat Provinsi yang selanjutnya jika lolos lagi maka akan mengikuti final olimpiade matematika SMP di tingkat nasional dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Soal olimpiade matematika SMP seleksi OSN tingkat Kabupaten Kota ini terdiri dari 2 tipe soal yaitu soal pilihan ganda dan soal isian (uraian). Soal olimpiade matematika ini dapat Anda gunakan sebagai bahan latihan dalam pembinaan sehari-hari kepada para siswa calon peserta OSN. Dengan pembinaan dan latihan yang rutin maka kemungkinan mendapat gold medal, silver medal, atau bronze medal akan lebih mudah terwujud.

Contoh soal olimpiade matematika SMP Kabupaten Kota 2012 Pilihan Ganda

Diketahui persegi ABCD. Jika titik E pada BC dan titi F terletak pada CD sehingga AE dan AF membagi persegi ABCD menjadi 3 daerah yang luasnya sama, maka perbandingan luas segitiga AEF terhadap persegi ABCD adalah ….

A. 4 / 18
B. 5 / 18
C. 6 / 18
D. 7 / 18
E. 8 / 18

Lima orang guru akan ditempatkan pada tiga sekolah yang berbeda. 2 orang di sekolah pertama, 2 orang di sekolah kedua, dan 1 orang di sekolah ketiga. Banyaknya cara menempatkan kelima orang guru tersebut adalah ….

A. 40
B. 30
C. 20
D. 10
E. 4

Diketahui persegi panjang PGRS. Panjang PV = QT = PS = 6. Titik U adalah perpotongan garis SV dan RT (seperti gambar di bawah). Jika PQ = 10, maka luas segiempat PTUS adalah ….

Persegi-panjang-PQRS-OSN-Matematika-SMPA. 15
B. 17
C. 19
D. 21
E. 23

Contoh soal olimpiade matematika SMP Kabupaten Kota 2012 Isian

Jalan Majapahit sejajar dengan jalur kereta api yang membentang lurus. Anton menumpang bus OSN di jalan Majapahit dengan kecepatan konstan (tetap) 40 km/jam. Dari arah berlawanan, bus yang ditumpangi Anton berpapasan dengan kereta api barang yang bergerak dengan kecepatan konstan 20 km/jam. Anton mencatat bahwa bus dan kereta api berpapasan selama seperempat menit terhitung mulai dari lokomotif (bagian paling depan) sampai bagian paling belakang. Panjang kereta api tersebut adalah … meter.

Empat titik ditempatkan pada lingkaran berjari-jari 1/2 satuan. Jika keempat titik tersebut dihubungkan sehingga membentuk persegi panjang, maka luas terbesar (maksimum) yang mungkin bagi persegi panjang tersebut adalah ….

Kubus ABCD.EFGH mempunyai panjang rusuk 2 cm. Jika titik T adalah titik potong diagonal bidang BCGF, titik P adalah titik tengah rusuk AB, dan titik Q adalah titik tengah rusuk DC, maka jarak antara titik T dengan bidang PQHE adalah ….

Soal tersebut di atas hanya sebagian contoh soal yang digunakan dalam seleksi OSN tingkat Kabupaten Kota 2012. Untuk soal olimpiade matematika SMP tingkat Kabupaten Kota tahun 2012 selengkapnya dapat diunduh melalui link berikut, semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2012 download

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here