Home » Bank Soal » Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2014
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal Olimpiade Matematika SMP dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan untuk siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal Olimpiade Matematika SMP dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan untuk siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2014

Maslatip.comSoal Olimpiade Matematika SMP yang akan dibagikan kali ini adalah soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Kabupaten Kota 2014. Soal ini digunakan dalam seleksi peserta yang akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Bagi peserta yang lolos seleksi tingkat Kabupaten Kota maka berhak mengikuti seleksi tingkat Provinsi yang selanjutnya jika lolos lagi maka akan mengikuti final olimpiade matematika SMP di tingkat nasional dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Soal olimpiade matematika SMP seleksi OSN tingkat Kabupaten Kota ini terdiri dari 2 tipe soal yaitu soal pilihan ganda dan soal isian (uraian). Soal olimpiade matematika ini dapat Anda gunakan sebagai bahan latihan dalam pembinaan sehari-hari kepada para siswa calon peserta OSN. Dengan pembinaan dan latihan yang rutin maka kemungkinan mendapat gold medal, silver medal, atau bronze medal akan lebih mudah terwujud.

Contoh soal olimpiade matematika SMP Kabupaten Kota 2014 Pilihan Ganda

Sepuluh orang guru akan di tugaskan pada tiga sekolah, yakni A, B, dan C. Beturut-turut sebanyak dua, tiga, dan lima. Banyaknya cara yang mungkin untuk menugaskan kesepuluh guru tersebut adalah ….

A. 2520
B. 5040
C. 7250
D. 10025

Berikut diberikan data siswa kelas VIII SMP Bina Prestasi. Tiga perlima bagian dari seluruh siswa adalah perempuan. Setengah dari siswa laki-laki diketahui pergi ke sekolah naik bus sekolah, sedangkan siswa perempuan hanya seperenamnya yang pergi ke sekolah naik bus sekolah. Diketahui juga bahwa terdapat 147 siswa pergi ke sekolah tidak naik bus sekolah. Banyak siswa kelas VIII sekolah tersebut adalah ….

A. 330
B. 245
C. 210
D. 193

Pada sebuah bidang terdapat sepuluh titik. Diantara sepuluh titik tidak ada tiga titik temu atau lebih yang segars. Banyak segitiga yang dapat dibentuk dengan menghubungkan sembarang tiga titik pada bidang tersebut adalah ….

A. 30
B. 60
C. 100
D. 120

Perhatikan diagram batang berikut!

Diagram-batang-OSN-Matematika-SMP

Pernyataan berikut yang salah adalah ….

A. Modus pada gambar A < Modus pada gambar B
B. Median pada gambar A < Median pada gambar B
C. Quartil 1 pada gambar A < Quartil 1 pada gambar B
D. Rata-rata pada gambar A = Rata-rata pada gambar B

Contoh soal olimpiade matematika SMP Kabupaten Kota 2014 Isian

Jika bilangan 2014 dinyatakan sebagai jumlah dari bilangan-bilangan asli berurutan, maka bilangan asli terbesar yang mungkin adalah ….

Delapan pensil dengan warna berbeda akan diletakkan dalam dua kotak mini untuk kepentingan promosi. Banyak cara yang mungkin untuk meletakkan pensil-pensil tersebut sehingga tidak ada kotak yang kosong adalah ….

Perhatikan gambar di bawah ini. ABC adalah segitiga sama sisi. PQ tegak lurus AB, PS tegak lurus AC, dan PR tegak lurus BC.

Segitiga-ABC-2Jika PQ = 1, PR = 2, dan PS = 3, maka AB = ….

Soal tersebut di atas hanya sebagian contoh soal yang digunakan dalam seleksi OSN tingkat Kabupaten Kota 2014. Untuk soal olimpiade matematika SMP tingkat Kabupaten Kota tahun 2014 selengkapnya dapat diunduh melalui link berikut, semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2014 download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>