Home » Bank Soal » Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2015
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal Olimpiade Matematika SMP dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan untuk siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal Olimpiade Matematika SMP dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan untuk siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2015

Maslatip.comSoal Olimpiade Matematika SMP yang akan dibagikan kali ini adalah soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Kabupaten Kota 2015. Soal ini digunakan dalam seleksi peserta yang akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Bagi peserta yang lolos seleksi tingkat Kabupaten Kota maka berhak mengikuti seleksi tingkat Provinsi yang selanjutnya jika lolos lagi maka akan mengikuti final olimpiade matematika SMP di tingkat nasional dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Soal olimpiade matematika SMP seleksi OSN tingkat Kabupaten Kota ini terdiri dari 2 tipe soal yaitu soal pilihan ganda dan soal isian (uraian). Soal olimpiade matematika ini dapat Anda gunakan sebagai bahan latihan dalam pembinaan sehari-hari kepada para siswa calon peserta OSN. Dengan pembinaan dan latihan yang rutin maka kemungkinan mendapat gold medal, silver medal, atau bronze medal akan lebih mudah terwujud.

Contoh soal olimpiade matematika SMP Kabupaten Kota 2015 Pilihan Ganda

Nilai ujian lima orang siswa, yakni Adi, Budi, Cici, Didi, dan Eki adalah bilangan bulat dan mempunyai rata-rata yang sama dengan mediannya. Diketahui nilai tertinggi adalah 10 dan terendah adalah 4. Jika yang memperoleh nilai tertinggi adalah Adi dan yang terendah adalah Eki, maka susunan nilai yang mungkin ada sebanyak ….

A. 3
B. 4
C. 13
D. 16

Diketahui lingkaran dengan pusat O dan mempunyai diameter AB. Segitiga CDE siku-siku di D, DE pada diameter AB sehingga DO = OE dan CD = DE untuk suatu titik C pada lingkaran. Jika jari-jari lingkaran adalah 1 cm, maka luas segitiga CDE = …. cm persegi.

segitiga-dalam-lingkaranA. 3/5
B. 2/5
C. 2/3
D. 1/2

Toto dan Titi berjalan mulai dari titik A bersamaan mengelilingi lapangan berbentuk persegi yang panjang sisinya 180 meter. Diasumsikan Toto dan Titi berjalan dengan kecepatan berturut-turut 72 meter/menit dan 60 meter/menit. Jika mereka bertemu untuk pertama kalinya kembali di titik A setelah Toto berjalan n putaran dan Titi berjalan m putaran, maka nilai n + m adalah ….

A. 6
B. 11
C. 20
D. 22

Dua dadu dan sekeping mata uang dilempar sekaligus, kemudian dicatat sisi yang muncul. Jika diasumsikan munculnya setiap mata dadu seimbang dan munculnya setiap mata uang seimbang, maka peluang akan didapatkan sisi angka pada mata uang dan kedua mata dadu berjumlah 5 adalah ….

A. 1/16
B. 1/18
C. 1/36
D. 1/72

Contoh soal olimpiade matematika SMP Kabupaten Kota 2015 Isian

Dua botol yang berukuran sama berisi penuh dengan larutan gula. Rasio kandungan gula dan air pada botol pertama adalah 2 : 11 dan pada botol kedua adalah 3 : 5. Jika isi kedua botol tersebut dicampurkan, maka rasio kandungan gula dan air hasil campurannya adalah ….

Jika jumlah 4 suku pertama suatu barisan aritmatika adalah 70 dan jumlah 12 suku berikutnya adalah 690, maka suku ke 2015 barisan tersebut adalah ….

Tini ingin membuat gelang dari bahan manik-manik berwarna-warni yang terdiri dari masing-masing 3 butir manik-manik berwarna merah, kuning, hijau, biru, dan putih. ia ingin menyusun manik-manik tersebut sedemikian rupa sehingga diantara 2 manik-manik berwarna putih selalu terdapat 4 manik-manik berwarna selain putih. Banyak susunan gelang yang mungkin untuk dibuat adalah ….

Soal tersebut di atas hanya sebagian contoh soal yang digunakan dalam seleksi OSN tingkat Kabupaten Kota 2015. Untuk soal olimpiade matematika SMP tingkat Kabupaten Kota tahun 2015 selengkapnya dapat diunduh melalui link berikut, semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Kabupaten Kota 2015 download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>