Home » Bank Soal » Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Tingkat Provinsi 2009
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal Olimpiade Matematika SMP dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan untuk siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal Olimpiade Matematika SMP dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan event tahunan untuk siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Tingkat Provinsi 2009

Maslatip.comSoal Olimpiade Matematika SMP yang akan dibagikan kali ini adalah soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Provinsi tahun 2009. Soal ini digunakan dalam seleksi peserta yang akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Bagi peserta yang lolos seleksi tingkat Provinsi maka berhak mengikuti final olimpiade matematika SMP di tingkat nasional dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN). Untuk mengikuti seleksi Olimpiade Matematika SMP tingkat Provinsi, setiap peserta harus lolos pada seleksi jenjang sebelumnya yaitu tingkat Sekolah, Kecamatan, dan Kabupaten / Kota.

Berbeda dengan soal olimpiade tingkat Kabupaten / Kota, soal olimpiade matematika SMP seleksi OSN tingkat Provinsi ini terdiri dari 2 tipe soal yaitu soal isian singkat dan soal uraian. Soal olimpiade matematika ini dapat Anda gunakan sebagai bahan latihan dalam pembinaan sehari-hari kepada para siswa calon peserta OSN. Dengan pembinaan dan latihan yang rutin maka kemungkinan mendapat gold medal, silver medal, atau bronze medal akan lebih mudah terwujud.

Contoh soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Provinsi tahun 2009 Isian Singkat

Dalam sebuah kantong terdapat 5 bola warna putih, 2 bola warna hijau, dan 3 bola warna merah. Akan diambil 3 bola secara satu per satu dengan pengembalian, artinya bila bola sudah diambil dikembalikan ke dalam kantong tersebut. Peluang ketiga bola yang terambil berwarna hijau adalah ….

Bilangan palindrom adalah bilangan yang dibaca dari kiri dan kanan selalu sama, seperti 131. Banyak bilangan ganjil positip yang bersifat palindrom dan terdiri dari sembilan angka serta dua kali bilangan tersebut juga merupakan bilangan palindrom adalah ….

Tes matematika diberikan kepada tiga kelas dengan siswa yang berjumlah 100 orang. Nilai rata-rata kelas pertama, kedua, dan ketiga masing-masing adalah 7, 8, dan 7 1/2. Jika banyak siswa pada kelas pertama 25 orang, dan banyak siswa pada kelas ketiga 5 orang lebih banyak dari jumlah siswa kelas kedua, maka nilai rata-rata seluruh siswa tersebut adalah ….

Perhatikan gambar berikut!

Bangun-abcdefgBangun ABCDEG adalah menunjukkan keadaan sebuah kamar. Keadaan yang sebenarnya AD = DE, AB = 28 meter, dan EF = 18 meter serta luas kamar 624 meter persegi. Jika sebuah penyekat dibuat dari E sampai C yang membagi luas kamar menjadi dua bagian yang sama luas, maka jarak dari C ke G adalah ….

Contoh soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Provinsi tahun 2009 Uraian

Perhatikan gambar berikut!

bangun-ruang-tabung-bolaGambar diatas merupakan bangun ruang yang terdiri dari tabung berjari-jari R2 dan belahan bola padat berjari-jari R1. Tinggi tabung 8 cm, jari-jari bola R1 = 10 cm dan jari-jari tabung r2 = 5 cm. Hitunglah luas permukaan dari bangun ruang tersebut.

Soal tersebut di atas hanya sebagian contoh soal yang digunakan dalam seleksi OSN tingkat Provinsi tahun 2009. Untuk soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Provinsi tahun 2009 selengkapnya dapat diunduh melalui link berikut, semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Tingkat Provinsi 2009 download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>