Home Bank Soal Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Tingkat Provinsi 2012

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Tingkat Provinsi 2012

95
0
SHARE

Maslatip.comSoal Olimpiade Matematika SMP yang akan dibagikan kali ini adalah soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Provinsi tahun 2012. Soal ini digunakan dalam seleksi peserta yang akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Bagi peserta yang lolos seleksi tingkat Provinsi maka berhak mengikuti final olimpiade matematika SMP di tingkat nasional dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN). Untuk mengikuti seleksi Olimpiade Matematika SMP tingkat Provinsi, setiap peserta harus lolos pada seleksi jenjang sebelumnya yaitu tingkat Sekolah, Kecamatan, dan Kabupaten / Kota.

Berbeda dengan soal olimpiade tingkat Kabupaten / Kota, soal olimpiade matematika SMP seleksi OSN tingkat Provinsi ini terdiri dari 2 tipe soal yaitu soal isian singkat dan soal uraian. Soal olimpiade matematika ini dapat Anda gunakan sebagai bahan latihan dalam pembinaan sehari-hari kepada para siswa calon peserta OSN. Dengan pembinaan dan latihan yang rutin maka kemungkinan mendapat gold medal, silver medal, atau bronze medal akan lebih mudah terwujud.

Contoh soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Provinsi tahun 2012 Isian Singkat

Jumlah tiga bilangan adalah 19. Jika bilangan pertama dan bilangan kedua masing-masing dikurangi 1, maka diperoleh dua bilangan dengan rasio 1 : 3. Jika bilangan kedua dan ketiga masing-masing ditambah 3, maka diperoleh dua bilangan dengan rasio 5 : 6. Selisih bilangan terbesar dan terkecil adalah ….

Lima belas bilangan prima dituliskan berturut-turut pada lima belas kartu. Jika semua kartu tersebut diletakkan dalam sebuah kotak dan kemudian diambil secara acak dua buah kartu berturut-turut tanpa pengembalian, maka peluang terambilnya dua kartu dengan jumlah dua bilangan tertulis merupakan bilangan prima adalah ….

Lima angka yakni 1, 2, 3, 4, dan 5 dapat disusun semuanya tanpa pengulangan menjadi 120 bilangan berbeda. Jika bilangan-bilangan tersebut diurutkan dari yang terkecil ke yang terbesar, maka bilangan yang menempati urutan ke-75 adalah ….

Contoh soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Provinsi tahun 2012 Uraian

Pada gambar berikut, sembilan lingkaran kecil dalam lambang olimpiade akan diisi masing-masing dengan bilangan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, atau 9. Tentukan pengisian tersebut sehingga jumlah bilangan di dalam setiap lingkaran besar adalah 14.

bilangan-dalam-lingkaranDari hasil sensus diketahui bahwa penduduk suatu kota tak lebih dari 10.000 orang dan anak-anak 20 % lebih banyak dari penduduk dewasa. Jika anak laki-laki 10 % lebih banyak dari anak perempuan, serta di antara penduduk dewasa terdapat 15 % lebih banyak perempuan, tentukan jumlah terbesar yang mungkin dari penduduk kota tersebut!

Diketahui sebuah bilangan rasional positip kurang dari 1 yang dinyatakan dalam pecahan biasa dalam bentuk paling sederhana. Jika hasil kali pembilang dan penyebut dari bilangan rasional tersebut adalah 20! = 1 x 2 x 3 x … x 20, tentukan semua bilangan yang dimaksud!

Soal tersebut di atas hanya sebagian contoh soal yang digunakan dalam seleksi OSN tingkat Provinsi tahun 2012. Untuk soal olimpiade matematika SMP OSN tingkat Provinsi tahun 2012 selengkapnya dapat diunduh melalui link berikut, semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Matematika SMP OSN Tingkat Provinsi 2012 download

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here