Home » Bank Soal » Soal Olimpiade OSN IPA SD Tingkat Nasional Tahun 2016

Soal Olimpiade OSN IPA SD Tingkat Nasional Tahun 2016

Soal Olimpiade OSN IPA SD – Ini dia kumpulan soal olimpiade IPA SD yang digunakan dalam OSN (Olimpiade Sains Nasional) tahun 2016. Lengkap mulai dari soal-soal Tes Teori 1, Tes Teori 2, Eksperimen Biologi, dan Eksperimen Fisika.

Bagi sobat mas latip dan olimpiade mania bisa menggunakan soal-soal berikut untuk latihan para siswa dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti event serupa pada tahun-tahun berikutnya. Untuk lolos ke babak final tingkat nasional maka setiap siswa harus mengikuti tahapan seleksi yang meliputi seleksi tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten dan provinsi.

Nah, untuk dapat lolos dan mendapatkan medali dalam OSN maka siswa dan siswi yang akan dikirim perlu dibina dan dikenalkan dengan soal olimpiade IPA SD dan pembahasannya. Pembinaan yang dilakukan sebaiknya jangka panjang dimulai ketika siswa mulai menginjak kelas 3, sehingga ketika naik ke kelas 5 sudah siap mental dan materi untuk mengikuti seleksi OSN.

Berikut ini saya tampilkan beberapa contoh soal yang digunakan dalam OSN IPA SD tingkat nasional tahun 2016 di Palembang, Sumatera Selatan.

Contoh Soal Olimpiade OSN IPA SD 2016 Tes Teori 1

1. Iwan melakukan tes golongan darah di laboratorium rumah sakit. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa darah Iwan tidak mengalami penggumpalan setelah diteteskan serum alfa dan serum beta. Iwan memiliki seorang saudara tiri perempuan bernama Salma yang bergolongan darah A.

Ibu Iwan bergolongan darah B sedangkan ayah Iwan dapat menjadi donor universal. Hasil laboratorium tersebut dapat disimpulkan Iwan hanya dapat menerima transfusi darah dari anggota keluarganya yaitu ….

A. Ibu dan Salma
B. Ayah dan Ibu
C. Ibu saja
D. Ayah saja

2. Perhatikan grafik berikut ini.

Soal-Olimpiade-IPA-SD-2016Berdasarkan grafik perubahan suhu tubuh terhadap suhu lingkungan tersebut, tunjukkan grafik yang menggambarkan sifat temperatur tubuh pada burung puyuh dan salamander …

A. II dan I
B. I dan II
C. I dan III
D. II dan III

3. An object is lifted at constant speed a distance h above earth’s surface in a time t. The total potential energy gained by the object is equal to …

A. the average force applied to the object
B. total weight of the object
C. total work done on the object
D. total momentum gained by the object

Contoh Soal Olimpiade OSN IPA SD 2016 Tes Teori 2

1. Bagian akar tumbuhan tertentu memiliki daerah yang dikenal dengan bintil akar. Berikut ini adalah hasil pengamatan mikroskop terhadap sayatan melintang dari bagian akar tumbuhan tersebut.

Soal-OSN-IPA-SD-2016

  • Sebutkan dua jenis tumbuhan yang memiliki struktur bintil akar. (1 poin)
  • Sebutkan nama bagian yang ditunjuk oleh nomor 1 dan jelaskan fungsinya. (2 poin)
  • Sebutkan nama bagian yang ditunjuk oleh nomor 3 dan jelaskan fungsinya. (2 poin)

2. Pada 9 Maret 2016, seluruh wilayah Indonesia dapat melihat fenomena gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian. Sedangkan pada 16 September 2016 sebagian wilayah akan mengalami gerhana bulan sebagian. Fenomena gerhana selalu dipengaruhi oleh posisi bulan terhadap matahari dan bumi yang dikenal sebagai fase bulan.

  • Apakah nama fase bulan saat terjadinya gerhana matahari? (1 poin)
  • Pada peristiwa gerhana matahari total dapat terlihat cahaya putih pada piringan gerhana. Apakah nama fenomena tersebut? Jelaskan mengapa hal itu dapat terjadi. (3 poin)
  • Jelaskan mengapa pada saat gerhana matahari kita tidak boleh menatap secara langsung. (2 poin)

3. Perhatikan gambar di bawah ini.

mengembunSebongkah es dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air dengan suhu 27 derajat Celcius. Setelah beberapa saat terjadi fenomena munculnya titik-titik air pada permukaan luar gelas.

  • Apakah nama fenomena tersebut? (1 poin)
  • Jelaskan apa yang menyebabkan fenomena tersebut. (2 poin)
  • Jika massa air adalah 250 g, dan suhu akhir adalah 20 derajat Celcius dengan kalor jenis 4200 J / kg derajat Celcius, berapakah kalor yang dilepas oleh air? (1 poin)

Demikian contoh soal yang dapat disampaikan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan soal dengan versi lengkap yang meliputi soal tes teori dan eksperimen, dapat menghubungi Jasa Cari Soal Olimpiade IPA SD, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>