Home Bank Soal Soal Olimpiade OSN IPA SD Tingkat Provinsi 2017

Soal Olimpiade OSN IPA SD Tingkat Provinsi 2017

631
0
SHARE

Soal Olimpiade IPA SD 2017 – Berikut saya sampaikan soal olimpiade IPA SD yang digunakan dalam seleksi OSN Tingkat Provinsi tahun 2017 versi lengkap. Untuk kunci jawaban dan pembahasannya harap membuat sendiri ya, bisa saling diskusi dengan sesama guru atau teman.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, para peserta yang lolos seleksi tingkat kabupaten / kota selanjutnya akan maju ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu tingkat provinsi. Soal-soal yang digunakan tentu akan berbeda dengan soal sebelumnya.

Untuk soal seleksi tingkat provinsi biasanya disusun oleh tim nasional dengan tingkat kesulitan setara dengan soal babak final / nasional. Namun, dalam tahap ini belum ada eksplorasi, hanya menggunakan soal isian singkat dan uraian. Yuk, langsung saja simak contoh soalnya di bawah ini.

Contoh Soal Olimpiade OSN IPA SD Tingkat Provinsi 2017

Soal Nomor 1 : Di sekitar rumah Iwan pada malam hari musim penghujan, sering terdengar katak bersahut-sahutan dengan irama yang berbeda. Iwan berpendapat ada beberapa jenis katak yang berada di sekitar rumahnya, karena suara yang terdengar berbeda iramanya.

Iwan melakukan perekaman suara katak tersebut dan menganalisanya dengan menggunakan perangkat lunak komputer. Dalam metode ilmiah, pendapat Iwan yang menyatakan bahwa ada beberapa jenis katak di sekitar rumahnya merupakan ….

a. Mengajukan hipotesa
b. Merumuskan masalah
c. Melakukan eksperimen
d. Menyusun kerangka

Soal Nomor 2 : Panel Surya berukuran 50 cm x 50 cm menghasilkan daya keluaran sebesar 50 watt. Efisiensi panel surya dapat ditingkatkan dengan menambahkan cermin datar di sekeliling panel. Penambahan ini meningkatkan efisiensi panel surya sebesar 15%. Daya keluaran panel surya tersebut setelah penambahan cermin adalah ….

a. 55,5 Watt
b. 56,5 Watt
c. 57,5 Watt
d. 58,5 Watt

Soal Nomor 3 : Look at the picture below.

Soal-Olimpiade-OSN-IPA-SD-Provinsi-2017
Contoh Soal Olimpiade OSN IPA SD Provinsi 2017

Species with the most distant kinship in the picture above is ….

a. Bird
b. Bat
c. Horse
d. Man

Soal Nomor 4 : Suatu tanaman ditumbuhkan pada kondisi lingkungan tanpa stress. Penyiraman dilakukan secara rutin dengan volume air yang normal. Tentukanlah bagian pada tanaman tersebut yang memiliki potensial air paling negatif ….

a. Epidermis akar
b. Jaringan parenkim korteks akar
c. Jaringan mesofil daun
d. Pembuluh xylem

Soal Nomor 5 : Andi melakukan penelitian di belakang rumahnya. Ia menemukan beberapa ekor ikan, katak, siput, belalang, burung, dan jamur. Komponen ekosistem yang belum ia temukan adalah ….

a. Produsen
b. Konsumen
c. Dekomposer
d. Detritivor

Soal Nomor 6 : Planet yang memiliki suhu paling panas adalah ….

a. Merkurius
b. Venus
c. Bumi
d. Jupiter

Soal Nomor 7 : Di antara Planet Mars dan Jupiter terdapat daerah yang berisi benda langit kecil disebut sebagai sabuk …………(A)………… Sedangkan di luar orbit planet Neptunus terdapat daerah yang sama namun bersuhu sangat dingin disebut sebagai sabuk …………..(B)………….

Soal Nomor 8 : Oksigen yang diikat oleh kapiler darah di dalam alveolus akan diangkut dalam bentuk senyawa ……(A)…… di dalam sel ………(B)………

Soal Nomor 9 : Tubuh kelompok Arthropoda dilindungi oleh eksoskeleton yang tersusun dari senyawa ……..(A)……… eksoskeleton tersebut secara periodik mengalami proses pergantian kulit yang dikenal dengan istilah …..(B)…..

Soal Nomor 10 : Gelombang bunyi merambat di udara dengan kecepatan 340 m/s dengan frekuensi 68 Hz, maka panjang gelombang bunyi adalah …….(A)…….. Apabila gelombang tersebut merambat sejauh 68 meter dari sumber menuju pengamat, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pengamat adalah ……… (B)…………

Nah, itu dia beberapa soal yang digunakan dalam seleksi OSN IPA SD Tingkat Provinsi 2017. Soal selengkapnya dapat di download melalui link berikut.

Soal Olimpiade OSN IPA SD Tingkat Provinsi 2017 download

Sekian dulu info dari saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat koleksi soal olimpiade IPA SD lainnya di blog ini. Dengan banyak belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal maka anak-anak akan terbiasa dan tidak grogi saat perlombaan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here