Home Bank Soal Soal Olimpiade OSN Matematika SD Tingkat Nasional 2016

Soal Olimpiade OSN Matematika SD Tingkat Nasional 2016

726
0
SHARE

Soal Olimpiade OSN Matematika SD – Ini dia kumpulan soal olimpiade Matematika SD yang digunakan dalam OSN (Olimpiade Sains Nasional) tahun 2016. Lengkap mulai dari soal-soal isian singkat, uraian, dan eksplorasi.

Bagi sobat Mas Latip dan olimpiade mania bisa menggunakan soal-soal berikut untuk latihan para siswa dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti event serupa pada tahun-tahun berikutnya. Untuk lolos ke babak final tingkat nasional maka setiap siswa harus mengikuti tahapan seleksi yang meliputi seleksi tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten dan provinsi.

Nah, untuk dapat lolos dan mendapatkan medali dalam OSN maka siswa dan siswi yang akan dikirim perlu dibina dan dikenalkan dengan soal olimpiade Matematika SD dan pembahasannya. Pembinaan yang dilakukan sebaiknya jangka panjang dimulai ketika siswa mulai menginjak kelas 3, sehingga ketika naik ke kelas 5 sudah siap mental dan materi untuk mengikuti seleksi OSN.

Berikut ini saya tampilkan beberapa contoh soal yang digunakan dalam OSN Matematika SD tingkat nasional tahun 2016 di Palembang, Sumatera Selatan.

Contoh Soal Olimpiade OSN Matematika SD Tahun 2016 Isian Singkat

1. Banyak pasangan bilangan prima antara 1 { 50 yang jumlahnya 60 adalah ….

2. Luas daerah yang diarsir pada gambar di bawah ini adalah ….

Soal-Olimpiade-Matematika-SD-Tahun-20163. Vida mengumpulkan data tentang rasa es krim kesukaan teman-teman sekelasnya. Hasilnya ditampilkan seperti berikut:

Soal-OSN-Matematika-SD-Tahun-2016Persentase banyak teman Vida yang menyukai es krim coklat atau durian adalah ….

4. Rata-rata delapan bilangan adalah 15. Jika delapan bilangan tersebut ditambah dengan bilangan kesembilan dan kesepuluh, maka rata-ratanya menjadi 60. Jika delapan bilangan tersebut hanya ditambah dengan bilangan kesembilan, maka rata-ratanya menjadi 30. Selisih bilangan kesembilan dan kesepuluh adalah ….

5. Diketahui sebuah kubus dengan panjang rusuk a satuan panjang. Jika kubus itu dilubangi sedemikian rupa dengan lubang berbentuk susunan dua kubus yang panjang rusuknya masing-masing setengah satuan panjang rusuk-rusuk kubus sebelumnya, maka akan dihasilkan bentuk bangun ruang seperti di bawah ini. Hitunglah luas permukaan bangun ruang tersebut.

kubus

Baca Juga :

Contoh Soal Olimpiade OSN Matematika SD Tahun 2016 Uraian

1. Ucok dan Alisa bersepeda mengelilingi lapangan secara bersamaan dengan arah yang sama dan berangkat dari titik yang sama. Ucok dan Alisa masing-masing bersepeda dengan kecepatan 8 km/jam dan 4 km/jam.

Setelah menempuh satu putaran Ucok beristirahat 5 menit, kemudian dia bersepeda kembali. Setelah 20 menit bersepeda Ucok dan Alisa berada di posisi yang sama. Berapakah keliling lapangan tersebut?

2. Andi menuliskan semua bilangan empat digit yang memenuhi tiga sifat berikut:

  • Kelipatan 9
  • Angka ribuan adalah 3
  • Angka satuan ditambah angka ribuan sama dengan angka puluhan ditambah angka ratusan.

Tentukan semua bilangan yang ditulis Andi.

3. How many difference rectangles are there in the following figure?

kotak-rectanglesContoh Soal Olimpiade OSN Matematika SD Tahun 2016 Eksplorasi

1. Gambar berikut adalah `ular’ berkepala segitiga dan badannya terdiri dari 4 persegi dengan urutan warna yang tetap (merah-kuning-hijau-biru). Kepala `ular’ selalu menghadap kekiri, sedangkan badannya dapat membentuk berbagai susunan seperti contoh. Buat semua kemungkinan bentuk badan `ular’ selain contoh.

soal-eksplorasi-osn-matematika-sd-20162. Tuliskan 3 cara berbeda beserta langkah-langkah dan gambarnya untuk mendapatkan sedotan yang panjangnya 1 cm. Gunakan hanya gunting, busur, serta 3 sedotan yang panjangnya 5 cm, 12 cm, dan sedotan ketiga yang panjangnya lebih dari 20 cm. (Ketentuan: maksimal melakukan pengguntingan sebanyak 2 kali, tidak boleh melakukan langkah melipat sedotan).

3. Terdapat sebelas kartu bilangan 5, enam kartu bilangan 7, dan tujuh kartu bilangan 8. Gunakan semua kartu bilangan tersebut untuk membuat tiga tumpukan kartu bilangan sehingga setiap tumpukan memuat ketiga macam kartu bilangan dengan jumlah bilangan di setiap tumpukan sama.

Demikian contoh soal yang dapat disampaikan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan soal dengan versi lengkap yang terdiri atas soal isian singkat, uraian, dan eksplorasi dapat menghubungi Jasa Cari Soal Olimpiade Matematika SD, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here