Home Bank Soal Soal Olimpiade OSN Matematika SD Tingkat Provinsi 2017

Soal Olimpiade OSN Matematika SD Tingkat Provinsi 2017

431
0
SHARE

Soal Olimpiade Matematika SD 2017 – Berikut saya sampaikan soal olimpiade Matematika SD yang digunakan dalam seleksi OSN Tingkat Provinsi tahun 2017 versi lengkap. Untuk kunci jawaban dan pembahasannya harap membuat sendiri ya, bisa saling diskusi dengan sesama guru atau teman.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, para peserta yang lolos seleksi tingkat kabupaten / kota selanjutnya akan maju ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu tingkat provinsi. Soal-soal yang digunakan tentu akan berbeda dengan soal sebelumnya.

Untuk soal seleksi tingkat provinsi biasanya disusun oleh tim nasional dengan tingkat kesulitan setara dengan soal babak final / nasional. Namun, dalam tahap ini belum ada eksplorasi, hanya menggunakan soal isian singkat dan uraian. Yuk, langsung saja simak contoh soalnya di bawah ini.

Contoh Soal Olimpiade OSN Matematika SD Tingkat Provinsi 2017

  1. Berapa banyak bilangan 3 angka yang memenuhi 3 syarat berikut : kelipatan 9, digit pertama kurang dari dikit kedua, jumlah dikit pertama dan ketiga adalah sebelas.
  2. Tahun 2017 rata-rata usia dari suatu keluarga : ayah, ibu, dan ketiga anaknya adalah 20. Jika usia mereka berlima ditambah usia seorang nenek dan kakek mereka maka rata-ratanya menjadi 32. Jika usia kakek lebih tua 12 tahun dari usia nenek, maka kakek lahir pada tahun ….
  3. Perhatikan garis tebal yang menyusuri permukaan balok berukuran 2 cm x 3 cm x 4 cm. Jika P adalah titik potong pertemuan diagonal bidang dan T adalah titik tengah sisi terpanjang, maka panjang garis tebal tersebut adalah ….

    Soal-Olimpiade-OSN-Matematika-SD-Provinsi-2017
    Contoh Soal Olimpiade OSN Matematika SD Provinsi 2017
  4. Lintang memiliki uag pecahan 500 rupiah sebanyak 5 keping, pecahan 1000 rupiah sebanyak 7 lembar dan pecahan 5000 ribu rupiah sebanyak 3 lembar. Lintang akan membeli buku seharga Rp.12.500,-, banyaknya cara membeli buku tersebut tanpa uang kembalian adalah ….
  5. Suatu kelas berisi 20 siswa. Setiap siswa diwajibkan mengikuti minimal satu kelompok belajar. Terdapat 2 kelompok belajar, A dan B yang masing-masing anggotanya 14 dan 10 orang. Jika rata-rata nilai ujian untuk masing-masing kelompok berturut-turut adalah 8 dan 6 dan rata-rata seluruh siswa adalah 7, maka rata-rata nilai ujian siswa yang mengikuti kedua kelompok belajar A dan B adalah ….
  6. Arbi mempunyai lima batang lidi dengan panjang masing-masing 5, 8, 11, 15, dan 20 sentimeter. Banyaknya segi tiga dengan tiga batang lidi dari lima batang lidi yang dapat dibuat Arbi adalah ….
  7. Delapan puluh murid SD Mekarmukti yang berasal dari kelas empat dan lima mengikuti seleksi OSN-SD. Rata-rata skor bersama yang mereka peroleh adalah 100. Banyaknya murid kelas empat yang ikut seleksi 50% lebih dari banyaknya siswa kelas lima, dan rata-rata skor murid kelas lima 50% lebih tinggi dari rata-rata skor murid kelas empat. Berapa rata-rata skor murid kelas 5?

Nah, itu dia beberapa soal yang digunakan dalam seleksi OSN Matematika SD Tingkat Provinsi 2017. Soal selengkapnya dapat di download melalui link berikut.

Soal Olimpiade OSN Matematika SD Tingkat Provinsi 2017 download

Sekian dulu info dari saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat koleksi soal olimpiade matematika SD lainnya di blog ini. Dengan banyak belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal maka anak-anak akan terbiasa dan tidak grogi saat perlombaan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here