Home » Bank Soal » Soal Olimpiade Sains Kuark (OSK) SD Level 2 Penyisihan
Olimpiade Sains Kuark (OSK) merupakan event lomba tahunan tingkat nasional bidang IPA SD yang diselenggarakan oleh majalah kuark.
Olimpiade Sains Kuark (OSK) merupakan event lomba tahunan tingkat nasional bidang IPA SD yang diselenggarakan oleh majalah kuark.

Soal Olimpiade Sains Kuark (OSK) SD Level 2 Penyisihan

Maslatip.com – Berikut ini soal olimpiade sains kuark (OSK) SD level 2 yang digunakan dalam babak penyisihan. Olimpiade sains kuark (OSK) merupakan event lomba tahunan bidang IPA SD yang diselenggarakan oleh majalah sains kuark. Peserta dibagi menjadi tiga level yaitu level 1 untuk kelas 1-2 SD, level 2 untuk kelas 3-4 SD, dan level 3 untuk kelas 5-6 SD. Perlombaan terdiri dari 3 babak yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Berikut ini contoh soal olimpiade sains kuark (OSK) babak penyisihan level 2.

Contoh Soal Olimpiade Sains Kuark Nomor 1 :

Di pagi hari, matahari berbentuk bola bulat yang benderang, berwarna kuning kemerahan. Di siang hari, bentuk bola matahari tidak terlihat dengan jelas tetapi kita tahu bahwa warnanya putih terang. Permukaan matahari yang biasa kita lihat sehari-hari itu disebut:

a. kromosfer
b. fotosfer
c. korona
d. atmosfer

Contoh Soal Olimpiade Sains Kuark Nomor 2 :

Seperti halnya manusia, hewan-hewan juga memiliki rangka yang berfungsi untuk memberi bentuk pada tubuhnya. Namun ada beberapa jenis hewan yang tidak memiliki rangka, lazim disebut invertebrata. Dari contoh hewan berikut ini manakah yang termasuk contoh invertebrata?

a. anjing dan lipan
b. gurita dan udang
c. udang dan ular
d. lipan dan kadal

Contoh Soal Olimpiade Sains Kuark Nomor 3 :

Pembuluh di bagian tumbuhan yang bertugas mengangkut air dan mineral dari dalam tanah menuju daun adalah …… sedangkan yang bertugas mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan adalah ……

a. xilem, floem
b. kapiler, xilem
c. floem, xilem
d. floem, kapiler

Contoh Soal Olimpiade Sains Kuark Nomor 4 :

Selain berfotosintesis, tumbuhan juga bernafas sepanjang waktu. Bagian tumbuhan berikut yang berperan dalam proses respirasi adalah:

a. kutikula pada daun
b. pembuluh floem pada batang
c. benang sari pada bunga
d. kloroplas pada daun

Contoh Soal Olimpiade Sains Kuark Nomor 5 :

Tidak semua bahan tambang berasal dari fosil, salah satu bahan tambang tersebut adalah mineral. Nah, tentukanlah contoh yang tepat untuk bahan tambang mineral!

a. besi, batu bara, nikel, dan emas
b. besi, tembaga, nikel, dan emas
c. nikel, emas, tembaga, batu kapur
d. nikel, emas, besi, batu kapur

Soal olimpiade sains kuark (OSK) selengkapnya dapat di download melalui link di bawah ini. Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Sains Kuark (OSK) SD Level 2 Penyisihan download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>