Home » Bank Soal » Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru IPA SMP (Fisika) Tingkat Provinsi 2013

Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru IPA SMP (Fisika) Tingkat Provinsi 2013

Berikut ini contoh soal OSN Guru IPA SMP Bidang Fisika tingkat provinsi tahun 2013. Bagi bapak/ibu guru SMP yang akan ikut lomba OSN Guru bisa menyiapkan diri dengan berlatih menggunakan soal ini. File soal lengkap dapat di download melalui link download di bagian bawah soal ini. Terima kasih atas kunjungan anda dan semoga bermanfaat.

Dua benda A dan B mulai bergerak bersama-sama menurut grafik di bawah ini.

grafik-kecepatan-waktuBenda A dan B memiliki perpindahan yang sama tepat setelah keduanya bergerak selama ….

Sebuah kaca jendela berukuran 1 m x 1 m dengan tebal 2 mm. Kecepatan aliran kalor melewati jendela 800.J/detik. Perbedaan temperatur permukaan dalam dan permukaan luar kaca adalah ….

Dalam medium yang sama, setiap titik yang berjarak sama dari sebuah sumber gelombang akan mulai bergetar pada saat yang bersamaan, dan masing-masing akan bertindak sebagai sebuah sumber gelombang yang baru. Titik-titik tersebut secara bersama-sama membentuk sebuah ….

Perbedaan teropong bintang dengan teropong bumi adalah adanya lensa pembalik pada teropong bumi. Kehadiran lensa pembalik pada teropong bumi ini tidak mengubah prinsip perbesaran teropong bintang sehingga rumus perbesaran teropong bintang tetap berlaku untuk teropong bumi. Hal itu terjadi karena ….

Seseorang tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda yang terletak lebih jauh dari 4 meter akan memerlukan kacamata dengan lensa berkekuatan ….

Sebuah lampu LED dengan daya 0,3 watt dan tegangan kerja 3 volt dapat dinyalakan oleh sebuah sumber tegangan 220 volt tanpa mengalami kerusakan dengan cara menyambungkan LED tersebut ke sebuah hambatan secara seri yang nilai hambatan dan daya disipasinya minimal sebesar ….

Sekeping koin yang massanya 100 g bergerak di lantai datar kasar. Setelatr menempuh jarak 50 cm dari titik A, koin berhenti. Jika koefisien gesek koin dan lantai 0,2, maka energi kinetik koin di titik A adalah ….

Sebuah bola besi bermassa 8 gram dilepaskan dari ketinggiar 2,5 m di atas permukaan tepung. Ternyata bola besi itu berhenti setelah menembus tepung pada kedalaman 3,5 cm. Besar gaya rata-rata yang dilakukan oleh tepung terhadap bola besi adalah ….

Di awal pembelajaran seorang guru memperlihatkan gerak ayunan bandul sederhana dan gerak sebuah mistar plastik yang salatr satu ujungnya dijepit ke sebuah meja sedang ujung lain diusik hingga mistar plastik ini bergetar. Siswa mendapat pertanyaan tentang arti getaran. Keadaan ini dikenal sebagai ….

Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru IPA SMP (Fisika) Tingkat Provinsi 2013 download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>