Home » Bank Soal » Soal Olimpiade Sains Nasional SMA Unnair 2014 Seri 2

Soal Olimpiade Sains Nasional SMA Unnair 2014 Seri 2

Berikut ini soal olimpiade sains nasional dalam babak perempat final lomba Science Competition SMA Universitas Airlangga (Unnair) 2014. Soal olimpiade ini meliputi bidang matematika, fisika, biologi, dan kimia. Soal yang digunakan dalam lomba ini dapat dimanfaatkan untuk latihan mempersiapkan diri siswa dan siswi dalam mengikuti olimpiade sains nasional (OSN) dan lomba Sains/IPA yang lainnya.

  1. Perbandingan jumlah lilitan kawat pada kumparan primer dan sekunder sebuah transformator adalah 1 : 4. Tegangan dan kuat arus masukannya musing-musing 10 V dan 2 A. Jika daya rata-rata yang berubah menjadi kalor pada transformatortersebut adalah 4 W dan tegangan keluarannya adalah 40 V, maka kuat arus keluarannya bernilai ….
  2. Teknik yang dilakukan dengan cara penggabungan dua sel dari organisme yang sama atau pun dari sel organisme yang berbeda sehingga menghasilkan sel tunggal yang memiliki kombinasi sifat dari keduanya disebut ….
  3. Sejenis protein yang cenderung mencegah fertilisasi antara gamet dari anggota dua populasi atau mencegah zigot berkembang menjadi dewasa disebut ….
  4. Protein kecil dengan asam amino bermuatan positif yang berproporsi tinggi dan berikatan dengan DNA yang bermuatan negative dan memainkan peranan kunci dalam struktur kromatin disebut ….
  5. Dari setiap bilangan satu angka a, bilangan N dibuat dengan mengalikan ketiga bilangan a+2, a+1, a, yaitu N=(a+2).(a+1).a Misalkan a=13, maka N=15.14.13, sepuluh bilangan N semacam itu memiliki faktor persekutuan terbesar ….

Demikian contoh soal olimpiade sains SMA yang digunakan dalam Babak Perempat Final lomba Science Competition SMA 2014 Universitas Airlangga (Unnair). Untuk soal olimpiade sains selengkapnya dapat di unduh melalui link berikut ini.

Soal Olimpiade Sains Nasional SMA Unnair 2014 “Science Competition” Babak Perempat Final download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>