Home Bank Soal Soal Olimpiade Sains Nasional SMA Unnair 2014 Seri 3

Soal Olimpiade Sains Nasional SMA Unnair 2014 Seri 3

261
0
SHARE

Berikut ini soal olimpiade sains nasional dalam babak final lomba Science Competition SMA Universitas Airlangga (Unnair) 2014. Soal olimpiade ini meliputi bidang matematika, fisika, biologi, dan kimia. Soal yang digunakan dalam lomba ini dapat dimanfaatkan untuk latihan mempersiapkan diri siswa dan siswi dalam mengikuti olimpiade sains nasional (OSN) dan lomba Sains/IPA yang lainnya.

  1. Tokoh ini lahir pada tanggal 15 April 1707 di kote Basel, Swiss. Beliau adalah anak seorang pendeta, Tahun 1727 beliau kuliah di Akademi Ilmu Pengetahuan di St, Petersburg, Rusia. Umur 26 tahun beliau menikah dan mempunyai 13 anak. Beliau adalah ilmuan matematika dan fisika yang sangat menyukai geometri. Sebuah identitas matematika yang bernama seperti dirinya menempati peringkat pertama sebagai rumus terbaik didunia. Beliau adalah penemu bilangan yang disebut sebagai bilangan alam. Siapakah dia?
  2. Bilangan palindrome adalah bilangan yang bernilai sama ketika urutan bilangannya dibalik, contoh 12321. Bulangan x dan x+32 adalah biangan adalah bilangan palindrome 3 digit dan 4 digit. Berapakah x?
  3. Bola lampu mempunyai spesifikasi 132 W/220 V, ketika dinyalakan pada sumber tegangan 110 V memancarkan cahaya dengan panjang gelombang 628 nm. Bila lampu meradiasikan secara seragam ke segala arah, maka jumlah foton yang tiba persatuan waktu persatuan luas di tempat yang berjarak 2,5 m dari lampu adalah …
  4. Seperti air, alcohol adalah asam sangat lemah, pada larutan encer dalam air, alkohol mempunyai pKa yang kira-kira sama dengan pKa air. Namun dalam keadaan murni, keasaman alkohol jauh lebih lemah dari air. Pertanyaan: apa yang menyebabkan keasaman alkohol jauh lebih lemah dari air ….
  5. Kelainan fungsi parathormon dapat menyebabkan terbentuknya endapan kalsium karbonat pada vesika urinaria sehingga kencing menjadi sakit dan bercampur dengan darah .penyakit yang ditimbulkan di tersebut dinamakan ….

Demikian soal olimpiade sains yang digunakan dalam babak final lomba Science Competition SMA 2014 Universitas Airlangga (Unnair). Soal olimpiade sains selengkapnya dapat diunduh melalui link download berikut ini.

Soal Olimpiade Sains Nasional SMA Unnair 2014 Seri 3 Babak Final Science Competition download

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here