Home » Bank Soal » Soal OSN Guru SD Tingkat Nasional
Ilustrasi Bapak dan Ibu Guru yang mengikuti lomba Olimpiade Sains Nasional Guru (OSNG), untuk Guru Kelas SD tahap I babak Final mengerjakan soal OSN Guru SD yang berupa tes teori tertulis.
Ilustrasi Bapak dan Ibu Guru yang mengikuti lomba Olimpiade Sains Nasional Guru (OSNG), untuk Guru Kelas SD tahap I babak Final mengerjakan soal OSN Guru SD yang berupa tes teori tertulis.

Soal OSN Guru SD Tingkat Nasional

Soal OSN Guru SD – Soal Olimpiade atau OSN yang akan dibagikan kali ini adalah soal OSN Guru SD tingkat Nasional tahun 2013. Soal ini digunakan dalam babak final Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru Kelas SD untuk memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu. Ada juga penghargaan untuk the best teory, the best eksperimen, dan the best teaching performance.

Bagi peserta yang lolos seleksi tingkat Provinsi maka berhak mengikuti final OSN Guru di tingkat nasional dalam ajang Olimpiade Sains Nasional Guru (OSNG). Untuk mengikuti OSN Guru tingkat Nasional, setiap peserta harus lolos pada seleksi jenjang sebelumnya yaitu tingkat Sekolah, Kecamatan, Kabupaten / Kota dan Provinsi. Pada babak final OSN Guru Kelas SD, setiap peserta harus mengikuti beberapa tahap lomba yang terdiri atas Tes Teori tertulus, Tes Eksperimen, dan Tes Mikro Teaching dengan pendekatan scientific methode. Untuk gambaran singkatnya dapat Anda baca pada tulisan saya sebelumnya tentang : Sekilas Babak Final OSN Guru SD.

Soal olimpiade guru SD atau soal OSN Guru SD tingkat Nasional untuk tes teori terdiri atas soal isian singkat dan uraian yang menuntut guru untuk bisa menjawab soal dengan jelas, lengkap, dan benar. Materi soal terdiri atas soal matematika dan soal IPA beserta soal-soal yang berkaitan dengan proses pembelajarannya. Soal OSN Guru SD ini dapat Anda gunakan sebagai bahan latihan dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang kompetisi OSN Guru yang diselenggarakan tiap tahun. Dengan belajar dan latihan yang rutin maka kemungkinan mendapat gold medal, silver medal, atau bronze medal akan lebih mudah terwujud.

Contoh Soal OSN Guru SD Isian Singkat

  1. Dua anak laki-laki bermain anak panah pada papan. Jika jatuh tepat pada daerah lingkaran paling dalam nilainya 4, daerah lingkaran berikutnya nilainya 3, dan daerah lingkaran paling luar nilainya 2. Permainan dimenangkan dengan satu skor tepat 35. Jumlah anak panah paling sedikit yang dapat dilempar sebelum seorang ditentukan sebagai pemenang adalah ….
  2. Sekali waktu di warung yang berjualan minyak goring, hanya tersedia ukuran 4 liter dan 7 liter tanpa mempunyai tanda sehingga hanya dapat dipakai sebagai ukuran penuh atau kosong saja. Seseorang dating ingin membeli minyak goring 5 liter. Penjual menakar minyak goreng tersebut dengan cara …
  3. Seorang guru akan membelajarkan operasi bilangan bulat menggunakan kartu bilangan. Ambil kartu bilangan positif 9 buah, kemudian ditambah netral 4 buah, diambil 13 kartu positif. Operasi bilangan bulat yang terjadi adalah ….
  4. Pak Farid guru kelas IV akan mengajarkan konsep jenis-jenis sumber daya alam. Rumusan tujuan pembelajaran aspek kognitifnya adalah …. Rumusan tujuan pembelajaran aspek afektifnya adalah …. Instrumen untuk mengukur hasil belajar aspek kognitif adalah …. Instrumen untuk mengukur hasil belajar aspek afektif adalah ….
  5. Zat yang dipanaskan akan mengalami keadaan yang ditunjukkan seperti pada grafik di bawah ini. Berdasarkan grafik tersebut, zat mengalami perubahan wujud pada suhu …. C. Jika suhu tersebut dikonversi menjadi …. F.

Grafik-Suhu-Perubahan-Wujud-BendaContoh Soal OSN Guru SD Uraian

  1. Dua tangki berbentuk tabung terletak berdampingan dalam satu dasar permukaan. Tangki pertama mempunyai jari-jari 14 m, tinggi 16 m, dan penuh terisi minyak tanah. Tangki kedua berjari-jari 12 m dan tinggi 18 dan tidak terisi minyak tanah. Apabila minyak tanah dipompa dari tangki pertama ke tangki kedua hingga kedalaman minyak tanah dalam tangki itu sama. Tentukan kedalaman minyak tanah dalam masing-masing tangki itu!
  2. Seorang siswa SD menurut perkembangan kognitif Piaget termasuk tahap operasional konkret. Amati gambar fenomena di bawah ini!

Volume-benda-cair-selalu-tetap

  • Deskripsikan objek pada gambar diatas!
  • Jelaskan arti gambar fenomena diatas!
  • Berdasarkan arti gambar fenomena tersebut, jelaskan salah satu karakteristik seorang siswa SD yang termasuk tahap operasional konkret!

Soal tersebut di atas hanya sebagian contoh soal yang digunakan dalam OSN Guru Kelas SD tingkat Nasional tahun 2013. Untuk soal OSN Guru SD tingkat Nasional tahun 2013 selengkapnya dapat diunduh melalui link berikut, semoga bermanfaat.

Soal OSN Guru SD Tingkat Nasional 2013 download

One comment

  1. Dear pak maslatif,

    Saya membutuhkan soal2 imso tingkat sd bidang studi ipa selain tahun 2007 untuk bahan belajar putra saya.mohon bantuannya,atas perhatiannya sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat saya,
    Diana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>