Home Bank Soal Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD 2018 Terlengkap

Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD 2018 Terlengkap

8660
0

Soal OSN IPA SD 2018 – Sobat olimpiade mania, berikut ini kumpulan soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD Tahun 2018. Soal terdiri dari pilihan ganda (PG), Isian Singkat, Uraian (Essay), dan Eksperimen. Soal-soal tersebut diharapkan bisa digunakan sebagai latihan para siswa dalam menghadapi seleksi olimpiade selanjutnya.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah sebuah ajang kompetisi tahunan bagi siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Untuk siswa SD, ada 2 mata pelajaran yang dilombakan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika.

Untuk bisa lolos hingga final di tingkat nasional, seorang peserta harus mengikuti seleksi dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, dan provinsi. Siswa dengan nilai terbaik masing-masing provinsi akan bertanding ke level nasional melawan peserta terbaik dari provinsi lain.

Ada 3 macam medali yang biasanya diperebutkan pada tingkat nasional, berupa medali emas, perak, dan perunggu. Namun, untuk mendapatkan medali tersebut tidaklah mudah, setiap siswa harus bisa mengerjakan soal olimpiade dengan tingkat kesulitan di atas rata-rata. Kira-kira seperti apa ya soalnya? Yuk, simak contohnya berikut yang berhasil dirangkum oleh Mas Latip.

Daftar Contoh Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD 2018 Dan Link Download

Soal Pilihan Ganda (PG) Dan Isian Singkat

Kelompok mahluk hidup di bawah ini yang menunjukkan kekerabatan terdekat adalah ….

A. lumut hati – pakis – lamun – mahkota dewa
B. lamun – ganggang merah – bakau – cendawan
C. ganggang merah – lamun – ganggang hijau biru – bakau
D. cendawan – ganggang hijau biru – pakis – lumut hati

See a figure below:

Soal-OSN-SD-IPA-2018
Gambar Soal OSN SD IPA 2018

If the friction is negligible, the sequence of the rope tension from the highest to the lowest value is …

A. 3 – 2 – 1
B. 1 – 2 – 3
C. 2 – 3 – 1
D. 1 – 3 – 2

Which of the following is the process of choosing parent organisms for the characteristics that is wanted in their offspring in order to increased meat production?

A. Reproductive evolution
B. Reproductive selection
C. Selective breeding
D. Natural selection

Which statement is not the cause of the low increase of Sumatra Rhino population?

A. Low regeneration rate
B. Rhino is a browser species
C. Land conversion due to human activities
D. Long pregnancy

Irwan mengambil air dari danau di belakang sekolah. Air tersebut ditempatkan pada dua botol kaca bening yaitu botol P dan Q, dengan volume yang sama. Botol P dibungkus dengan kertas aluminium sedangkan botol Q tidak dibungkus.

Kedua botol ditempatkan di lokasi yang terkena cahaya matahari. Setelah 4 jam, Irwan melakukan pengamatan dan mengukur jumlah oksigen terlarut pada kedua botol tersebut.
Berdasarkan metode ilmiah, pernyataan yang tidak tepat adalah …

A. Penelitian bertujuan untuk mengetahui terjadinya proses fotosintesis pada air danau
B. Dapat disimpulkan bahwa terjadi proses fotosintesis pada kedua botol
C. Diduga terdapat organisme fotosintetik yang hidup pada air danau
D. Diduga jumlah oksigen yang dihasilkan pada botol Q lebih tinggi dibanding pada botol P

Dua buah teko pemanas air dengan volume 1 liter digunakan untuk memasak kopi dan teh secara terpisah. (massa jenis kopi = 0,25 g/cm3; massa jenis teh = 0,48 g/cm3). Jika kedua pemanas air tersebut memberikan panas dan perubahan suhu yang sama, maka pernyataan yang benar adalah…

A. kalor jenis kopi lebih besar dibandingkan dengan kalor jenis teh
B. kalor jenis kopi lebih kecil dibandingkan dengan kalor jenis teh
C. kalor jenis kopi sama dengan kalor jenis teh
D. kalor jenis kopi dan teh sama dengan kalor jenis air

Sebagian besar energi yang dipindahkan antar tingkatan organisme di dalam ekosistem dilepaskan ke lingkungan dalam bentuk panas. Jumlah energi yang berhasil dipindahkan hanya kisaran 10% saja. Jika diasumsikan jumlah energi yang didapat pada konsumen tersier sebesar 20 unit, maka jumlah energi konsumen primer dari produsen adalah …

A. 20000 unit
B. 2000 unit
C. 200 unit
D. 2 unit

Perhatikan gambar sampel hasil pemisahan darah berikut:

Soal-OSN-SD-2018
Gambar Soal OSN SD 2018

a. Pada bagian B akan dijumpai _______
b. Antibodi akan dijumpai pada bagian _______

Perhatikan gambar berikut:

Contoh-Soal-Olimpiade-Sains-Nasional-IPA-SD-2018
Gambar Contoh Soal Olimpiade Sains Nasional IPA SD 2018

Sebuah partikel bergerak diantara kutub positif dan negatif. Huruf A, B, dan C merupakan kemungkinan lintasan berdasarkan jenis partikel. Lintasan A dilalui oleh (a. _______) dan neutron bergerak sepanjang lintasan (b. _______).

Soal Uraian (Essay)

Misteri Ikan Pemanah

Soal-Uraian-OSN-IPA-SD-2018
Gambar Ikan Pemanah Soal Uraian OSN IPA SD 2018

Ikan pemanah (Toxotes jaculatrix) adalah ikan yang hidup di air tawar yang memangsa berbagai serangga dan hewan kecil lainnya dengan cara menyemburkan air seperti teknik memanah. Ikan tersebut tersebar luas di beberapa negara seperti di India, Filipina, Australia dan Indonesia.

Ikan pemanah mampu menyemburkan air secara akurat dari jarak 2 meter. Semburan air tersebut mampu menjatuhkan serangga yang sedang hinggap di ranting. Setelah mangsa terjatuh, ikan tersebut akan segera menyantapnya. Proses semburan air dari mulut ikan mirip dengan mekanisme pistol air.

Semburan air yang sangat kuat ini dihasilkan saat ikan menekan lidahnya pada lekuk mulutnya. Kemudian, ikan tersebut menutup insangnya untuk mendorong air melesat ke arah mangsa. Semburan yang dihasilkan memiliki energi yang cukup besar untuk menjatuhkan mangsa.

Berdasarkan artikel di atas, jawablah pertanyaan berikut ini:

a. Sebutkan hewan yang memiliki kemiripan strategi menangkap mangsa dengan ikan pemanah. (1 poin)
b. Sebutkan organ yang paling mendukung keberhasilan ikan pemanah dalam menangkap mangsa serta jelaskan jawabanmu. (2 poin)
c. Ikan pemanah menyemburkan air ke arah serangga yang berada di dahan 40 cm dari atas permukaan air. Apabila laju air yang keluar dari mulut ikan adalah 0,2 m/s dengan lintasan berbentuk parabola dan sudut kemiringan 60o. Tentukan percepatan pada komponen vertikal dan horizontal dari laju air tersebut. (2 poin)
d. Laju cahaya di udara dan air memiliki besar yang berbeda. Apabila Vu adalah laju cahaya di udara, Va adalah laju cahaya di air, dan Vh adalah laju cahaya di ruang hampa, maka urutan laju cahaya dari tercepat ke lambat adalah… (2 poin)

Untuk soal versi lengkap, bisa di download melalui link di bawah ini.

Soal Pilihan Ganda Dan Isian Singkat OSN IPA SD 2018 download
Soal Uraian / Essay OSN IPA SD 2018 download
Soal Eksperimen 1 OSN IPA SD 2018 download
Soal Eksperimen 2 OSN IPA SD 2018 download

Demikianlah contoh soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD 2018 beserta link downloadnya. Cukup sulit bukan soal yang dibuat? Nah, bila Anda punya pengalaman selama mengikuti rangkaian kegiatan OSN, bisa berbagi melalui kolom komentar. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here