Home » Bank Soal » Soal OSN Olimpiade Kimia SMA 2013

Soal OSN Olimpiade Kimia SMA 2013

Berikut ini contoh soal OSN Kimia SMA Tahun 2013 Bandung.

Tagog Apu [23 poin]

Tagog apu (dalam bahasa Indonesia gunung kapur) adalah nama desa di Padalarang, Jawa Barat. Desa ini terkenal dengan pegunungan kapur yang telah dimanfaatkan sejak tahun 1900-an. Batu kapur umumnya mengandung mineral kalsium karbonat. Mineral karbonat lain yang sering juga ditemui adalah dolomit dengan rumus kimia MgCa(CO3)2 dan magnesit dengan rumus kimia MgCO3.

  • Pengolahan batu kapur melibatkan pemanasan batu kapur menghasilkan oksidanya. Tuliskan reaksi kimia setara pada pemanasan dolomite.
  • Salah satu mineral karbonat ikutan yang dijumpai dalam jumlah kecil adalah lansfordit, yakni magnesium karbonat hidrat. Sebanyak 45,5 g lansfordit diasamkan dan dipanaskan, dan ternyata dihasilkan 5,85 L gas karbon dioksida (diukur pada 0C, 1 atm). Tentukan rumus kimia lansfordit.
  • Kelarutan mineral-mineral karbonat dalam air sangat kecil. Tuliskan persamaan pelarutan dolomit, dan tuliskan ungkapan Ksp-nya.
  • Ion karbonat dapat berperan sebagai basa Bronsted Lowry dalam reaksinya dengan H+. Tuliskan reaksi asam basa ion karbonat dan H+.
  • Berdasarkan hasil reaksi pada soal “d” apa akibat dari hujan asam pada kelarutan dolomit di pegunungan kapur? Tuliskanlah reaksinya.
  • Gambarkan struktur Lewis (termasuk struktur resonansinya) dan perkirakan bentuk geometri ion karbonat.
  • Jelaskan dampak pemanasan dolomit terhadap iklim di muka bumi?

Rumus kimia Garam sulfat [22 poin]

Ada 3 siswa melakukan analisis kandungan ion logam pada suatu garam sulfat yang mengandung sejumlah air hidrat (belum tentu bilangan bulat). Analisis dilakukan dengan cara menimbang 0,1471 g sampel garam sulfat, lalu dilarutkan dalam air dan ditambahkan larutan barium klorida berlebih. Endapan yang diperoleh disaring, dicuci, dikeringkan dan ditimbang sebanyak 0,2329 g. Ketiga siswa tersebut mengambil kesimpulan yang berbeda: siswa pertama mengatakan garam itu mengandung titanium(IV), siswa kedua mengatakan garam itu mengandung ion natrium dan siswa ketiga mengatakan garam tersebut mengandung aluminium(III).

  • Tuliskan persamaan reaksi larutan garam sulfat dengan barium klorida berlebih dan hitung % massa sulfat dalam sampel tersebut
  • Atas dasar % massa sulfat yang diperoleh, hitung massa molekul garam sulfat menurut masing-masing siswa tersebut
  • Tuliskan rumus kimia garam yang diperoleh masing-masing siswa tersebut dan buktikan dengan perhitungan yang mendukung temuan mereka masing-masing.
  • Sarankan minimal dua uji lanjutan yang harus dilakukan untuk membuktikan kebenaran jawaban siswa tsb?

Kompleks Mn(III) yang unik

Kompleks Mn(III) dengan salen adalah senyawa yang dikenal sebagai Superoxide Dismutase(SOD) mimetic (J. Chem. Educ. 2009, 86, 1419-1421). SOD adalah suatu zat yang dapat mengkatalisa dismutasi radikal anion superoksida menjadi hidrogen peroksida dan oksigen. Radikal anion superoksida adalah spesi oksigen yang bersifat toksik, sehingga keberadaan SOD dapat melindungi sel mahluk hidup dari spesi yang bersifat toksik tersebut. Kompeks Mn(III) dengan ligan Salen-H2adalah prototype SOD yang banyak diteliti. Hasil penelitian menunjukkandismutasi radikal anion superoksida mengikuti mekanisme reaksi 2 tahap yaitu: i) Mn(III) mengoksidasi radikal anion superoksida membentuk oksigen dan Mn(II), kemudian ii) Mn(II) bereaksi dengan radikal anion superoksida dalam suasana asam membentuk kompleks Mn(III) dan hidrogen peroksida.

  • Diketahui Mn adalah logam transisi yang memiliki elektron tidak berpasangan di orbital d, tuliskan konfigurasi elektron terluar pada ion Mn(III) dan hitung berapa elektron yang tidak berpasangan pada ion Mn(III).
  • Jika kompleks Mn(III)-salen klorida dalam media air memiliki struktur oktahedral, tuliskan rumus kimia kompleks kationik bermuatan +1, kompleks anionik bermuatan -1 dan kompleks non-ionik yang mungkin terbentuk. Gambarkan pula sketsa struktur ketiga kompleks tersebut.
  • Tuliskan kedua tahap reaksi dismutase radikal anion superoksida

Soal Olimpiade Kimia selengkapnya dapat diunduh melalui link berikut ini.

Soal OSN Kimia SMA Tahun 2013 download

Di blog ini anda juga dapat membaca pembahasan soal OSN Olimpiade Kimia SMA 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>