Home Bank Soal Soal OSN Pertamina Untuk Perguruan Tinggi

Soal OSN Pertamina Untuk Perguruan Tinggi

272
0
SHARE

Soal OSN Pertamina – Bank Soal Olimpiade kali ini akan berbagi tentang soal OSN Pertamina yang ditujukan untuk mahasiswa perguruan tinggi / universitas. Kompetisi di OSN Pertamina (Olimpiade Sains Nasional Pertamina) terdiri dari dua kategori yaitu Kategori Teori yang bersifat nasional dan kategori Proyek Sains yang bersifat regional ASEAN.

Kategori Teori akan mengkompetisikan empat bidang yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Pada kategori ini, seleksi dilakukan melalui dua tahapan, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Untuk kategori ini seleksi biasanya menggunakan soal tes tertulis.

Kategori Proyek Sains, akan mengkompetisikan karya cipta, baik berupa Aplikasi Perangkat Lunak (APL), Rancang Bangun (RB), dan Produk Unggulan (PU) dengan tema utama “New and Renewable Energy”. Pada kategori ini, seleksi dilakukan melalui dua tahapan, yaitu Babak Penyisihan (seleksi tahap kualifikasi/desk evaluation dan/atau wawancara) dan Babak Final.

Berikut saya sajikan contoh soal OSN Pertamina untuk kompetisi kategori Teori. Soal OSN ini diharapkan dapat membantu Anda dalam berlatih untuk bertanding pada ajang kompetisi OSN Pertamina. Soal selengkapnya dapat Anda download melalui link dibawah sajian contoh soal OSN Pertamina berikut.

Contoh Soal OSN Pertamina

Soal Biologi

Sebuah gen untuk triose phosphate isomerase dari jagung memiliki panjang 3400 bp dan memiliki 8 intron dan 9 exon. Kira-kira berapa nukleotida yang terdapat dalam mRNA setelah proses transkripsi?

A. 1050
B. 3400
C. 6800
D. 10200
E. 13600

Soal Fisika

Gambar di bawah ini menunjukkan sebuah silinder pejal bermassa M pada bidang miring dengan sudut kemiringan α. Silinder tersebut dihubungkan dengan benda bermasa m dengan tali melalui sebuah katrol tak bermassa. Anggaplah silinder akan menggelinding tanpa slip ke kiri. Tentukan harga minimum M/m agar silinder menggelinding dipercepat ke bawah.

Gambar Katrol

Soal Kimia

Proses salting out merupakan suatu proses dimana garam (ion) ditambahkan ke dalam suatu larutan protein sehingga pada konsentrasi yang tinggi, ionion berkompetisi dengan protein untuk berinteraksi (solvasi) dengan air, menyebabkan terbentuknya endapan dari protein. Menurut Anda, pada pH yang mana salting out akan paling efektif, bila dikaitkan dengan titik isoelektrik dari protein yang bersangkutan:

A. pH > pl
B. pH < pl
C. pH = pl
D. pH = netral
E. pH tidak berpengaruh

Soal Matematika

Misalkan bilangan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8 diletakkan pada verteks dari kubus sedemikian sehingga jumlah 3 bilangan pada sisi manapun tidak kurang dari 10. Nilai maksimum untuk jumlah empat bilangan pada sisi kubus adalah:

A. 21
B. 20
C. 19
D. 18
E. 17

Soal OSN Pertamina Kimia Tahun 2009 download
Soal OSN Pertamina Fisika Tahun 2009 download
Soal OSN Pertamina Matematika Tahun 2009 download

Soal OSN Pertamina Kimia Tahun 2011 download
Soal OSN Pertamina Fisika Tahun 2011 download
Soal OSN Pertamina Biologi Tahun 2011 download
Soal OSN Pertamina Matematika Tahun 2011 download

Soal OSN Pertamina Kimia Tahun 2012 download
Soal OSN Pertamina Fisika Tahun 2012 download
Soal OSN Pertamina Biologi Tahun 2012 download
Soal OSN Pertamina Matematika Tahun 2012 download

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here