Home » Sains » Struktur dan Fungsi Sel (Seri 1)

Struktur dan Fungsi Sel (Seri 1)

Disadari atau tidak, tubuh manusia sebenarnya terdiri dari bagian-bagian yang amat kecil dengan jumlah ribuan bahkan jutaan. Bagian kecil ini disebut sel. Sel merupakan satu kesatuan struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup yang dapat melakukan aktivitas kehidupan. Semua aktivitas kehidupan manusia dilakukan oleh sel yang saling bekerja sama. Contohnya, manusia dapat bergerak karena adanya kerja otot dan tulang rangka. Otot atau dalam keseharian sering disebut daging merupakan kumpulan dari sel yang saling bergabung dan kerja secara bersama. Begitu juga tulang, terdiri dari ribuan sel yang saling bekerja sama. Jadi, aktivitas kehidupan manusia dilakukan oleh sel.

Sel_otot

Gambar Otot (Daging) Manusia yang tersusun atas ribuan sel otot

Sel_tulangGambar Tulang Manusia yang tersusun atas ribuan sel tulang osteosit

Dapatkah kita melihat sel? Sel mempunyai ukuran yang sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata biasa. Untuk melihat sel kita memerlukan alat bantu berupa mikroskop. Mikroskop merupakan alat yang dapat memperbesar penglihatan terhadap benda yang ukurannya sangat kecil menjadi nampak lebih besar sehingga dapat dilihat dengan jelas. Berbentuk seperti apakah sel itu? Sel berbentuk bangun 3 dimensi yang mempunyai bentuk bermacam-macam, ada yang bulat, kubus, seperti pita dan sebagainya sesuai dengan jenis selnya. Jadi, bayangkanlah sel seperti bangun ruang yang di dalamnya terdapat cairan kental dan ada berbagai benda yang tercelup ke dalam cairan tersebut. Cairan kental tersebut disebut sitoplasma sedangkan benda yang tercelup di dalamnya disebut organel sel. Agar lebih jelas, mari ikuti penjelasan tentang struktur dan fungsi sel pada halaman berikut.

>> Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>