Home » Sains » Struktur dan Fungsi Sel (Seri 2)

Struktur dan Fungsi Sel (Seri 2)

Seperti halnya sebuah mobil yang terdiri dari mesin, roda, dan bagian lainnya, sel juga terdiri dari bagian-bagian yang saling bekerjasama untuk menjalankan aktivitas kehidupan. Berikut ini akan dijelaskan tentang struktur dan fungsi sel secara lengkap.

Sel_hewan

Gambar Struktur Sel Hewan

Sel_tumbuhan

Gambar Struktur Sel Hewan

STRUKTUR DAN FUNGSI SEL

Sebuah sel bila dilihat dari bagian luar ke dalam, maka akan terlihat komponen sel berupa dinding sel (khusus sel tumbuhan), membran plasma, sitoplasma, dan organel sel.

1. Dinding Sel
Dinding sel merupakan salah satu ciri khusus sel tumbuhan yang membedakannya dengan sel hewan. Hanya sel tumbuhan yang mempunyai dinding sel sedangkan sel hewan dan sel manusia tidak memiliki dinding sel. Dinding sel termasuk lapisan paling luar sel yang pada umumnya tersusun oleh selulosa (serat) yang tertanam dalam polisakarida (karbohidrat) dan protein. Bayangkanlah dinding sel seperti susunan beton bertulang dan serat kaca yang sangat kuat. Tidak mengherankan bila tumbuhan jauh lebih keras dari pada hewan karena sel tumbuhan diselubungi oleh dinding sel yang amat kuat. Dinding sel berfungsi untuk melindungi bagian sel tumbuhan sebelah dalamnya, mempertahankan bentuk sel, dan mencegah penghisapan air secara berlebihan.

2. Membran Plasma
Membran plasma merupakan lapisan terluar pada sel hewan dan lapisan kedua setelah dinding sel pada sel tumbuhan. Membran ini berperan sebagai pembatas antara lingkungan dalam sel dengan lingkungan luar dan pelindung bagian dalam sel. Membran plasma sangat tipis, tebalnya hanya sekitar 8 nm dan berfungsi untuk mengontrol lalu lintas zat ke dalam dan ke luar sel yang dikelilinginya. Membran plasma bersifat semipermeable, artinya hanya dapat dilewati oleh zat-zat tertentu saja yang sesuai ukurannya.

Prev <<   >> Next

2 comments

  1. makash y.. buat gambarnya…

  2. Ok… sama2 smg bs bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>