Home Sains Struktur Dan Fungsi Sel (Seri 5)

Struktur Dan Fungsi Sel (Seri 5)

758
0
SHARE

sel-bakteriORGANISASI KEHIDUPAN

Berdasarkan lengkap tidaknya struktur sel (bagian-bagian sel), ada 2 jenis sel yang menyusun makhluk hidup yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Sel prokariotik artinya sel yang tidak memiliki membran nukleus (selubung nukleus). Nukleus pada sel ini tidak terlihat jelas karena tidak ada membran yang memisahkannya dengan sitoplasma. Nukleus hanya dapat dilihat dengan cara menandai cairan yang lebih kental dari cairan sitoplasma. Cairan kental inilah yang merupakan nukleus (inti sel). Selain itu, organel sel yang lain juga tidak tampak jelas karena tidak memiliki membran atau selaput dan bercampur dengan sitoplasma. Contoh sel prokariotik adalah bakteri.

Sel eukariotik artinya sel yang sudah mempunyai nukleus yang sebenarnya, yaitu nukleus yang terbungkus oleh membran atau selaput. Walaupun nukleus tercelup dalam sitoplasma, nukleus dapat terlihat jelas karena ada membran yang memisahkannya dengan sitoplasma. Seperti halnya nukleus, organel sel yang lainnya juga terlihat jelas karena sudah memiliki membran. Contoh sel eukariotik adalah sel manusia, hewan, dan tumbuhan.

Makhluk hidup di dunia ini ada yang hanya terdiri dari satu sel dan ada yang terdiri dari banyak sel. Makhluk hidup yang terdiri dari satu sel disebut makhluk hidup uniseluler seperti bakteri. Sedangkan makhluk hidup yang terdiri dari banyak sel disebut makhluk hidup multiseluler seperti manusia, tumbuhan, dan hewan. Makhluk hidup multiseluler terdiri dari sel-sel yang berbeda bentuk dan fungsinya. Sel-sel ini bekerja secara bersama membentuk sebuah sistem atau organisasi kehidupan.

Sel-sel yang sama akan berkumpul dan berkerja sama membentuk suatu jaringan. Kumpulan jaringan yang saling bekerja sama membentuk suatu fungsi tertentu disebut organ.  Organ yang satu akan bergabung dengan organ yang lain membentuk sistem organ. Kumpulan sistem organ akan bergabung bekerja sama membentuk suatu organisme (makhluk hidup). Sebagai contoh, mari kita perhatikan tubuh manusia.

Manusia merupakan suatu organisme. Tubuh manusia terdiri dari berbagai sistem organ seperti sistem pencernaan makanan, sistem pernafasan, sistem gerak, sistem peredaran darah dan sebagainya. Setiap sistem organ tersebut sebenarnya terdiri dari berbagai organ yang saling bekerja sama. Misalnya sistem pencernaan makanan manusia terdiri dari berbagai organ yang berupa mulut, kerongkongan, lambung, hati, pankreas, usus halus, usus besar dan anus. Organ ini sebenarnya tersusun dari berbagai jaringan yang saling bekerja sama. Contohnya lambung terdiri dari jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf. Jaringan otot tersusun atas sel-sel otot yang saling bekerja sama, jaringan epitel tersusun atas sel-sel epitel yang saling bekerja sama, dan jaringan saraf terdiri atas sel-sel saraf yang saling bekerja sama. Jadi jelaslah bahwa tubuh manusia sebenarnya tersusun dari berbagai jenis sel yang saling bekerja sama membentuk sistem kehidupan.

[SWF]http://www.man2smg.sch.id/webtemp/userfiles/flash/BIOLOGI/Virus_dan_Monera1.swf, 470, 350[/SWF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here