Home » Bank Soal » Tipe Soal Olimpiade Sains Kuark (OSK)
Olimpiade Sains Kuark (OSK) merupakan event lomba tahunan tingkat nasional bidang IPA SD yang diselenggarakan oleh majalah kuark.
Olimpiade Sains Kuark (OSK) merupakan event lomba tahunan tingkat nasional bidang IPA SD yang diselenggarakan oleh majalah kuark.

Tipe Soal Olimpiade Sains Kuark (OSK)

Maslatip.com – Hasil analisis terhadap soal olimpiade sains kuark (OSK) yang telah digunakan dalam lomba olimpiade sains kuark (OSK) tahun-tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa tipe soal yang digunakan dalam seleksi OSK ada 3 macam, yaitu Teoritikal, Kritikal, dan Analitikal. Berikut saya sampaikan sedikit penjelasan singkatnya tentang ketiga tipe soal olimpiade sains kuark tersebut beserta contoh soalnya.

Tipe Soal Olimpiade Sains Kuark Teoritikal

Tipe soal teoritikal tentunya menuntut anak untuk belajar dan membaca buku sains sebelum lomba. Soal tipe ini menitikberatkan pada pengetahuan anak tentang teori-teori sains / IPA yang dipelajari di sekolah dan pengetahuan umum yang didapat diluar sekolah. Untuk soal teori ini biasanya lebih banyak berasal dari majalah kuark yang diterbitkan. Oleh karena itu, jika ingin bisa mengerjakan tipe soal teori, maka peserta OSK harus membaca majalah sains kuark terlebih dahulu. Contoh soal OSK tipe teoritikal adalah :

1. Tanaman yang terlihat pada gambar di bawah ini memiliki akar yang digolongkan sebagai akar …. (Soal OSK Level 1 kelas 1-2 SD).

Akar-tanaman-apela. serabut
b. tunjang
c. tunggang

2. Gambar di bawah ini merupakan simbol yang menyatakan prakiraan cuaca yang akan berlaku di kota Kairo untuk esok hari. Jadi perkiraan kota kairo pada esok hari akan mengalami …. (Soal OSK Level 2 Kelas 3-4 SD).

simbol-cuaca-hujana. cuaca hujan
b. cuaca berangin
c. cuaca mendung
d. semula cuaca hujan, namun akan segera mengalami cuaca cerah

Tipe Soal Olimpiade Sains Kuark Kritikal

Untuk tipe soal OSK model kritikal, siswa dituntut mencari sesuatu yang benar atau salah terhadap pernyataan yang disajikan dalam soal. Dalam menjawab soal seperti ini, tidak hanya butuh pengetahuan teori yang mumpuni, tetapi juga butuh pemahaman dan ketelitian yang lebih untuk menjawabnya karena siswa harus mengkaitkan teori dengan pernyataan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh tipe soal model kritikal adalah :

Diantara keempat pernyataan berikut ini, manakah yang tidak menyatakan keadaan yang berkaitan dengan cuaca? (Soal OSK Level 2 Kelas 3-4 SD)

  1. Di malam yang cerah, Tirta asyik mengamati bintang-bintang dengan teropongnya.
  2. Beberapa hari yang lalu para nelayan di pantai Kusamba tidak pergi melaut, karena di laut terjadi badai.
  3. Gurun merupakan wilayah tandus, karena hujan jarang sekali turun di tempat itu.
  4. Sejak pagi hingga siang hari kemarin, Rosa merasakan udara di lingkungan rumahnya sangat lembap.

a. pernyataan nomor 1
b. pernyataan nomor 2
c. pernyataan nomor 3
d. pernyataan nomor 4

Tipe Soal Olimpiade Sains Kuark Analitikal

Soal OSK tipe analitikal menitikberatkan pada kemampuan analisis siswa terhadap suatu masalah atau eksperimen yang dikaitkan dengan teori sains / IPA yang ada di majalah sains kuark. Siswa yang mempunyai analisis dan kemampuan pengetahuan yang cukup memadai biasanya mudah mengerjakan soal tipe ini. Berikut contoh soal tipe analitikal :

Eksperimen pada gambar di bawah ini mirip dengan peristiwa ketika kita bernapas. Kedua balon yang terdapat pada ujung pipa kaca, menggambarkan paru-paru kita. Nah, kedua balon itu akan mengembang, jika …. (Soal OSK Semifinal Level 1 Kelas 1-2 SD)

alat-peraga-paru-parua. botol plastiknya kita remas dengan kuat
b. lembaran karen yang menutupi lubang di bagian bawah botol kita tarik ke bawah
c. lembaran karet yang menutupi lubang di bagian bawah botol kita dorong ke dalam botol

Demikian penjelasan singkat tentang tipe soal olimpiade sains kuark (OSK) yang digunakan dalam lomba tahunan OSK untuk anak SD dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>