Home News Info Kesehatan Tips Cara penyembuhan penyakit tipes (typus)

Tips Cara penyembuhan penyakit tipes (typus)

173
0
SHARE

penyembuhan-penyakit-tipes

Cara penyembuhan penyakit tipes yang paling ampuh adalah dengan cara mencegah penyakit tipes (typus). Mencegah lebih mudah dari pada proses penyembuhan penyakit tipes. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan. Bagi yang masih merasa tidak aman, vaksin pun bisa juga diberikan supaya lebih kebal.

Menghindari penyakit tipes harus membiasakan diri selalu higienis. Cuci tangan sebelum makan. Makan di tempat yang bersih. Hal ini merupakan metode cara penyembuhan penyakit tipes yang baik karena bisa mencegah bakteri Salmonella masuk ke dalam tubuh. Penyebab penyakit typus adalah bakteri Salmonella yang ada dalam kotoran hewan. Bakteri tersebut bisa menulari manusia lewat air dan manakan yang terkontaminasi. Di dalam tubuh, Salmonella bisa memicu infeksi di saluran pencernaan, tepatnya di usus halus.

Proses penyembuhan penyakit tipes relatif lama oleh karena itu lebih baik dicegah. Sama seperti penyakit menular lainnya, typus juga bisa dicegah dengan vaksin. Saat ini sudah tersedia vaksin untuk mencegah typus, namun di Indonesia jarang diberikan. Salah satu pertimbangannya adalah karena proteksi yang diberikan hanya bertahan dalam jangka pendek. Untuk saat ini vaksin yang ada hanya diberikan untuk tempat-tempat yang memang terkena wabah tipus. Sebab kekebalan dari pemberian vaksin ini hanya bertahan dalam jangka waktu singkat, yaitu 6 bulan. Paling lama 1 tahun.

Sebutan typus atau tipes untuk infeksi bakteri Salmonella sendiri sebenarnya tidak tepat. Penyakit yang timbul akibat infeksi Salmonella adalah demam typhoid, yang secara harafiah berarti mirip typhus. Gejalanya memang mirip, yakni sama-sama disertai demam tinggi. Orang yang terinfeksi bakteri ini harus segera melakukan penyembuhan penyakit tipes dengan cara istirahat total (bedrest).

Typus biasanya ditularkan melalui makanan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri Salmonella. Selain itu, penyakit ini pun bisa menyebar lewat debu yang berasal dari kotoran hewan terkontaminasi yang sudah kering. Oleh karena itu, kita harus mencegahnya dengan cara selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit ini. Mencegah akan lebih mudah dari pada melakukan penyembuhan penyakit tipes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here