Home Sains Transit Planet Venus Dan Merkurius (Bagian 2)

Transit Planet Venus Dan Merkurius (Bagian 2)

150
0
SHARE

transit-venus

Frekuensi transit planet Venus

Transit planet Venus berlangsung pada tanggal 8 Juni 2004 dan dapat diamati dari wilayah Indonesia, noktah hitam yang berukuran semidiameter 29,11 detik busur atau sekitar 5 kali lebih besar dari semidiameter Merkurius melewati selatan bundaran Matahari merupakan planet Venus, waktu pertengahan transit Venus adalah jam 15:24 WIB, berlangsung sekitar 12:18 WIB hingga 18:30 WIB, jarak dari pusat bundaran Matahari terdekat dicapai 628 detik busur.

Transit planet Venus setelah itu adalah 6 Juni 2012 (dapat disaksikan dari Indonesia) jarak dari pusat bundaran Matahari terdekat dicapai 553 detik busur dan semidiameter sudut planet Venus 29,13 detik busur. Siklus Transit Venus dengan ritme titik nodal yang sama mempunyai seri 243 tahun. Untuk transit 8 Juni 2004 (dapat disaksikan dari Indonesia) berlanjut dengan 11 Juni 2247, 12 Juni 2490, 15 Juni 2733, 16 Juni 2976 dst. Selain transit Venus berlangsung pada bulan Juni juga berlangsung pada bulan Desember, transit Venus pada bulan Desember yang terdekat adalah 11 Desember 2117 (dapat disaksikan dari Indonesia).

Frekuensi transit planet Merkurius

Tak banyak manusia planet Bumi yang bisa menyaksikan langsung dengan mata biasa (tanpa alat) karena planet Merkurius, selain rendah, di dekat horizon barat maupun di horizon timur. Di kaki langit sering mendung. Penampakan planet ini di langit mirip Bulan, kadang-kadang berbentuk sabit dan kadang-kadang berbentuk budar penuh.

Tatasurya sangat kaya akan fenomena yang memberi inspirasi dan tantangan bagi mahluk cerdas planet Bumi. Penemuan teleskop pada abad 17 membuat fenomena transit lebih memasyarakat, lebih banyak astronom profesional, astronom amatir dan masyarakat luas bisa menyaksikan dan merekam fenomena astronomi yang langka itu melalui bantuan teleskop. Fenomena transit yang telah berlangsung pada 7 Mei 2003 merupakan transit planet Merkurius pertama di abad 21.

Transit Merkurius 4 kali dalam 33 tahun atau sekitar 13 atau 14 transit dalam seabad. Transit pada node atau titik simpul yang sama dengan interval waktu (6) 7, (10) 13, 33 atau 46 tahun. Diantara siklus tersebut, siklus 46 tahun lebih presisi dibanding dengan siklus lainnya. Transit
Merkurius selalu terjadi pada saat Merkurius dekat dengan titik simpul ascending (Merkurius dari lintang selatan ekliptika menuju lintang utara ekliptika, melewati titik simpul ascending) pada bulan November (rasi Libra) dan descending node ( Merkurius dari lintang utara ekliptika menuju lintang selatan ekliptika, melewati titik simpul descending ) pada bulan Mei (rasi Aries).

Selang waktu dua transit Merkurius dapat berlangsung sekitar 3.5, 6, 9.5 dan 13 tahun. Transit planet Merkurius pada bulan Mei dalam satu seri transit yang sama mempunyai keteraturan dengan periode 46 tahun dan awal atau akhir antara satu seri transit Merkurius dengan seri transit  Merkurius yang lain mempunyai keteraturan 217 tahun (atau kelipatan 217 tahun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here