Home Bisnis Online 17 Ide Usaha Rumahan Dengan Modal 50 Ribu Yang Untung Besar

17 Ide Usaha Rumahan Dengan Modal 50 Ribu Yang Untung Besar

155
0

Bingung mau bisnis apa dengan uang 50 ribu? Ini daftar rekomendasi ide usaha rumahan dengan modal 50 ribu yang untung besar hingga jutaan rupiah baik secara online maupun offline.

Mungkin, sebagian orang akan berpikir bahwa bisnis itu memerlukan modal besar, jika hanya mengandalkan uang 50 ribu rasanya akan susah mengembangkan usaha. Hal itu sangatlah wajar, tapi jika ada niat dan tekad kuat, maka modal kecil pun bisa sukses dalam menjalankan sebuah bisnis.

usaha-rumahan-modal-50-ribu
Gambar ilustrasi usaha rumahan dengan modal 50 ribu yang untung besar

Uang 50 ribu memang tampak sedikit, tapi bila di tangan orang kreatif berjiwa entrepreneur, uang tersebut bisa disulap menjadi jutaan rupiah melalui sebuah bisnis. Cukup banyak kisah keberhasilan para pengusaha dengan modal awal memakai uang 50 ribu rupiah.

Ada beragam peluang usaha rumahan modal kecil untung besar yang bisa dilakukan setiap orang. Pada tulisan ini, Mas Latip berfokus pada ide-ide bisnis rumahan dengan modal awal sekitar 50 ribu rupiah yang sebagian terinspirasi dari pebisnis sukses. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Ide Usaha Rumahan Dengan Modal 50 Ribu Yang Untung Besar

1. Bisnis Sambal Kemasan

Kita awali review ide usaha rumahan modal 50 ribu dengan mengulas bisnis sambal kemasan. Jualan sambel kemasan tidak memerlukan modal awal terlalu banyak. Apalagi jika Anda bisa memproduksinya sendiri sehingga bisa mengurangi ongkos produksi.

Peluang usaha sambal kemasan cukup menjanjikan. Pasalnya, pangsa pasarnya terbuka lebar karena sebagian besar orang Indonesia gemar makanan pedas. Anda bisa meraup untung besar jika bisa menciptakan produk yang disukai masyarakat. Jika laku keras, omzet bisnis sambal kemasan bisa mencapai 10 – 30 juta rupiah per bulan.

Langkah awal dalam bisnis sambal kemasan tentu saja menciptakan produk sambal bercita rasa enak. Anda dapat membelanjakan uang 50 ribu untuk membeli bahan-bahan pembuatan sambal, misalnya cabai, garam, bawang putih, dan sebagainya. Pilihlah satu jenis sambal terlebih dahulu, setelah laris baru mencoba produksi jenis sambal lainnya.

Beberapa jenis sambal yang sering dijual secara kemasan antara lain sambal teri, sambal cabe ijo, sambal balado, sambal matah, sambal bawang, sambal terasi, sambal ebi, sambal cumi, dan sebagainya. Sebelum menjualnya, Anda bisa membagikan terlebih dahulu kepada keluarga, saudara, tetangga, atau teman sebagi tester awal.

Jika hasil testernya memuaskan, barulah mengemas sambal tersebut dalam plastik atau botol. Tawarkan produk sambal Anda kepada orang-orang terdekat, warung makan, WAG (WhatsApp Group), facebook, instagram, maupun marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dan lainnya.

2. Usaha Jasa Les Privat Anak Sekolah

Bagi Anda yang punya “basic” ilmu pendidikan, membuka jasa les private anak sekolah alias “bimbel (bimbingan belajar)” bisa menjadi pilihan sebagai usaha sampingan. Meskipun UN kabarnya ditiadakan, namun masih banyak orang tua yang membutuhkan bantuan orang lain dalam membimbing anaknya belajar di rumah.

Bimbel model les private ini termasuk salah satu usaha rumahan modal kecil untung besar yang tidak ada matinya. Hanya dengan 50 ribu rupiah, Anda bisa membuka jasa les private. Anda hanya membutuhkan media promosi dan alat transportasi saja untuk berkunjung ke rumah siswa.

Bila ingin mengurangi modal, bisa juga les private diadakan di rumah Anda dimana siswa yang datang sendiri ke rumah. Jika dihitung-hitung, penghasilan les private ini lumayan lho. Bayangin saja, misalnya satu siswa dikenakan tarif 25 ribu rupiah per pertemuan, maka jika ada 10 siswa dalam sehari, Anda sudah bisa mengantongi uang sebanyak 250 ribu rupiah.

3. Usaha Potong Rambut

Ide usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya adalah jasa potong / pangkas rambut (cukur rambut). Langkah pertama yang wajib Anda persiapkan dalam membuka usaha ini adalah keterampilan memangkas rambut. Anda bisa belajar atau kursus terlebih dahulu agar bisa memotong rambut dengan rapi dan bagus.

Jika Anda sudah punya skill mumpuni dalam mencukur rambut, maka langkah berikutnya adalah menawarkan jasa tersebut kepada orang lain. Anda dapat membuka usaha potong rambut di rumah, keliling, maupun panggilan. Mulailah tawarkan jasa Anda kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, tetangga, teman, anggota komunitas, dan lainnya.

Prospek bisnis potong rambut terbilang menjanjikan karena hampir setiap hari ada orang yang butuh merapikan rambutnya. Kedepannya, jika Anda sudah punya modal banyak, bisa mulai mengembangkan usahanya dengan membuka kios di lokasi strategis.

4. Usaha Laundry Pakaian

Mungkin, sebagian orang akan berpikir bahwa membuka usaha laundry pakain membutuhkan biaya yang lumayan besar karena harus membeli mesin cuci. Padahal, untuk mencuci, Anda bisa memakai tenaga sendiri tanpa mesin cuci. Dengan bermodalkan detergen, pewangi, ember, dan plastik, Anda sudah bisa membuka jasa laundry pakaian di rumah.

Usaha laundry pakaian cukup menjanjikan, apalagi bila membukanya di lingkungan anak kost, kampus, perkantoran, maupun di pemukiman padat penduduk dimana penghuninya sibuk bekerja hingga sore. Jangan lupa pasarkan jasa laundrynya melalui media sosial facebook, instagram, blog / website, WA Group, dan lainnya.

5. Usaha Jasa Setrika Pakaian

Usaha jasa setrika pakaian mungkin tampak sepele. Namun, usaha rumahan modal 50 ribu ini ternyata dapat menghasilkan uang berkali-kali lipat. Apalagi peralatannya gak ribet, hanya butuh setrika listrik / setrika uap, meja setrika, keranjang pakaian, gantungan baju (hanger), dan pewangi / pelicin pakaian.

Peralatan untuk menyetrika baju di atas pada umumnya sudah dipunyai oleh setiap orang di rumah. Jadi, Anda paling hanya membutuhkan pewangi sebagai pelicin pakaian dan mungkin plastik. Hal yang perlu diperhatikan adalah jenis-jenis kain dan cara menyetrikanya. Anda harus benar-benar menguasainya sehingga hasil setrikaannya rapi.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

6. Usaha Jasa Cuci Sepatu

Seperti halnya bisnis laundry pakaian, usaha jasa cuci sepatu juga bisa Anda mulai dengan modal awal 50 ribu rupiah. Tak perlu memakai mesin cuci, Anda cukup memanfaatkan tenaga untuk mencuci sepatu. Setelah modal terkumpul banyak, barulah Anda mengembangkan usaha dengan membeli mesin cuci khusus sepatu.

Prospek usaha jasa cuci sepatu ini cukup menjanjikan dapat menghasilkan uang dalam jumlah banyak. Konsumen usaha ini biasanya mahasiswa, pelajar, pekerja kantoran / karyawan, komunitas olah raga, dan lainnya. Oya, pastikan Anda sudah punya keterampilan bagus dalam mencuci dan merawat sepatu agar tidak mengecewakan pelanggan.

7. Bisnis Jual Beli Barang Bekas

Bisnis jual beli barang bekas termasuk salah satu usaha rumahan modal 50 ribu yang terbilang mudah dilakukan. Pasalnya, Anda tinggal membeli aneka barang bekas lalu menjualnya lagi ke pengepul. Barang-barang bekas atau rongsok tersebut misalnya botol minuman plastik, kardus, mainan, besi, panci, dan sebagainya.

Sebelum membeli barang bekas, Anda harus tanya terlebih dahulu rate harga jenis-jenis barang bekas kepada pengepul. Hal ini perlu dilakukan untuk menentukan harga beli barang bekas dan keuntungan yang didapatkan. Selain berkeliling mengunjungi rumah-rumah warga, Anda dapat melakukan promosi secara online melalui media sosial.

8. Jualan Aneka Aksesoris

Jika dilihat sekilas, mungkin masih banyak orang menganggap bahwa jualan aneka aksesories ini sebagai suatu usaha sepele dengan hasil tak seberapa. Padahal, jika ditekuni secara serius, Anda bisa menghasilkan uang puluhan hingga ratusan juta rupiah dari jualan aksesoris.

Beberapa contoh barang aksesoris yang laku dijual antara lain gelang, kalung, bros, gantungan kunci, jepit rambut, tempat ponsel, jam tangan, dan sebagainya.

Bisnis aksesoris terbilang mudah dapat dilakukan oleh semua orang. Bisa dibilang, jualan aksesoris termasuk salah satu usaha rumahan modal 50 ribu dengan untung besar. Untuk memulainya, ada 2 pilihan yang bisa Anda ambil, yaitu sebagai reseller atau produsen.

Jika bertindak sebagai reseller, Anda terlebih dahulu harus mencari para pemasok atau produsen beragam aksesoris. Anda tak perlu membelinya terlebih dahulu, cukup memasarkan secara online menggunakan foto produk melalui media sosial facebook, instagram, blog / website, dan marketplace. Dengan demikian, modal 50 ribu akan cukup untuk memulai usaha.

Bagi Anda yang mempunyai keterampilan membuat beragam aksesoris unik, bisa memproduksi sendiri lalu menjualnya. Anda dapat memanfaatkan barang-barang bekas sebagai bahan baku seperti batok kelapa, cangkang kerang, pecahan kayu (tatal), kulit hewan ternak, bulu ayam, dan lainnya.

Agar produk aksesoris Anda mudah dalam memasarkannya, jangan lupa membuat merek dan brand. Merek atau brand biasanya akan diingat oleh para pembeli. Jika barang dagangannya bagus, biasanya pembeli akan merekomendasikan merek / brand tersebut kepada orang lain.

9. Jualan Snack (Makanan Ringan)

Snack (Makanan Ringan) termasuk salah satu makanan kering yang digemari banyak orang. Selain harganya murah dan bercita rasa enak, daya tahannya juga cukup lama sehingga mudah untuk diperjualbelikan. Nah, bagi Anda yang kebetulan punya modal minim, bisa mencoba membuka usaha jualan snack.

Langkah awal dalam memulai usaha rumahan modal 50 ribu ini adalah menentukan produk makanan ringan yang akan dijual. Beberapa contoh snack untuk dijual antara lain aneka keripik (keripik jengkol, keripik jamur, keripik bayam, keripik buncis, keripik pisang, keripik singkong, keripik belut, dan keripik buah), kue carang atau grubi, kerupuk, makaroni, dan sebagainya.

Untuk menentukan produk, Anda dapat melakukan survei kecil-kecilan dengan mengamati makanan ringan apa yang digemari orang di lingkungan sekitar rumah, pasar, dan warung. Perlu dilihat juga jumlah pesaing / kompetitornya, kira-kira sedikit atau banyak.

Dengan modal uang sebanyak 50 ribu rupiah, sebaiknya Anda menjual satu jenis makanan ringan terlebih dahulu. Anda bisa membungkus camilan kering dalam plastik ukuran kecil-kecil dengan harga jual sekitar 1000 – 2000 rupiah. Lalu menitipkannya ke warung makan, toko kelontong, dan pasar untuk dijual.

Jika ingin lebih irit biaya, Anda bisa memproduksi sendiri makanan ringannya tanpa harus ambil barang di grosir. Jangan lupa buat merek dagang agar lebih mudah dikenal masyarakat. Promosikan pula usaha jualan Anda secara online melalui medsos seperti facebook, instagram, marketplace, blog / website, dan group WA.

10. Jualan Makanan Basah

Ngomongin usaha rumahan yang tak pernah ada matinya, tentu tak akan bisa lepas dari makanan. Selama manusia hidup, pasti akan memerlukan makanan, bukan? Oleh karena itu, jualan makanan basah bisa menjadi pilihan sebagai salah satu usaha rumahan modal 50 ribu rupiah.

Beberapa produk makanan yang sering dijual antara lain kue (misal : donat, bolu kukus, getuk), gorengan (misal ; pisang goreng, tempe, tahu, bakwan, lumpia), lauk (misal : dendeng daun ubi), nasi bungkus (misal : nasi sambal teri, nasi oseng tempe), dan lainnya.

Untuk meminimalisir modal usaha, Anda bisa mencoba membuat makanan sendiri. Carilah resep kue melalui internet dan YouTube. Setelah itu, Anda langsung mencobanya hingga mendapatkan produk bercita rasa enak. Mengingat makanan basah cepat basi, sebaiknya saat produksi disesuaikan dengan estimasi permintaan pembeli.

Anda dapat menjual makanan yang telah dibuat secara offline maupun online. Pasarkanlah makanan tersebut dengan cara keliling kampung / kompleks perumahan, warung-warung, pedagang pasar, keluarga, saudara, maupun teman. Jangan lupa tawarkan pula melalui media sosial instagram, facebook, marketplace, dan WA group.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Melalui Google AdSense

11. Usaha Katering (Catering)

Anda jago masak enak? Jika iya, tak ada salahnya membuka usaha katering (catering) rumahan. Untuk memulainya, Anda bisa menawarkan “jasa katering harian” kepada keluarga, saudara, teman, komunitas, mahasiswa, anak-anak kos, atau pun karyawan.

Bisnis catering harian termasuk salah satu usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Ketika memasak untuk keperluan keluarga, Anda bisa sekaligus menyiapkan masakan buat pesanan catering sehingga akan bisa menekan biaya produksi.

Anda bisa membuat daftar menu makanan untuk ditawarkan kepada orang lain melalui media sosial facebook, instagram, marketplace, blog / website, forum, dan lainnya. Usahakan harga jasa catering Anda tak terlalu mahal tapi tetap menyuguhkan menu makanan bergizi bercita rasa lezat.

12. Membangun Sebuah Blog

Ide usaha rumahan modal 50 ribu yang cukup menjanjikan berikutnya adalah membuat blog. Apa itu blog? Menurut Merriam Webster, blog adalah sebuah website yang berisi konten personal dalam bentuk artikel (tulisan), video, foto (gambar), dan link ke website lain.

Bagi Anda yang setiap hari berkecimpung di dalam dunia bisnis online, mungkin sudah tak asing lagi dengan blog. Sebuah blog biasanya memiliki konten khusus sesuai tema yang diangkat oleh pemiliknya, misalnya pendidikan, traveling, kuliner, kesehatan, parenting, resep makanan, otomotif, tanaman, budidaya ikan, dan lainnya.

Ada pula blog “gado-gado”, dimana konten di dalamnya mencakup semua tema. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari blog hingga jutaan rupiah? Benarkah blog yang hanya berisi tulisan dan gambar dapat dijadikan usaha sampingan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya pribadi telah melakukan “riset” selama beberapa tahun dan terbukti memang sebuah blog bisa menghasilkan uang. Ada beberapa cara “monetisasi blog” atau “menguangkan blog” yang bisa dilakukan, antara lain memasang iklan dari pihak ketiga seperti Google AdSense, mengikuti lomba blog, content placement, afiliasi, dan lainnya.

13. Membuat Channel YouTube

Selain blog, YouTube juga bisa digunakan sebagai sarana dalam usaha rumahan modal 50 ribu yang untung besar. Pasalnya, situs web berbagi video ini terbilang banyak penggunanya. Kabarnya, di Indonesia sendiri mencapai 90-an juta pengguna YouTube.

Asyiknya, YouTube menyediakan program bagi hasil iklan pada tayangan video. Jadi, setiap video yang Anda unggah, nantinya akan ada iklan di dalamnya dan hasil iklan tersebut dibagi sekitar 60 : 40 antara pemilik video dengan pihak Google. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca artikel saya tentang panduan cara mendapatkan uang dari YouTube.

14. Usaha Jasa Mengetik

Walaupun saat ini sebagian besar masyarakat memiliki laptop, namun bukan berarti jasa ketik tulisan hilang begitu saja. Masih banyak orang yang membutuhkan jasa ketik untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaannya, misalnya pelajar, mahasiswa, guru, maupun karyawan.

Membuka jasa ketik terbilang mudah, apalagi jika Anda sudah mempunyai laptop / PC Komputer. Anda tinggal mempromosikan jasa ketik melalui keluarga, saudara, teman, rekan kerja, hingga media sosial seperti facebook, intagram, WA group, dan blog / website.

Hanya dengan bermodal 50 ribu rupiah, saya kira Anda sudah bisa membuka usaha jasa pengetikan apabila sudah punya laptop. Oya, tentukan pula tarif pengetikan sesuai dengan harga pasar pada umumnya. Jika bisa, ada potongan harga khusus untuk masa awal-awal buka agar banyak peminat.

15. Usaha Cuci Motor

Saat ini, hampir setiap rumah punya sepeda motor. Hal ini tentu menjadi sebuah peluang usaha bagi orang-orang kreatif berjiwa entrepreneur. Selain bengkel, salah satu usaha rumahan yang berkaitan dengan motor adalah jasa cuci motor.

Untuk memulai usaha cuci motor, Anda tak perlu menyiapkan modal banyak. Hanya dengan 50 ribu rupiah pun bisa, dengan catatan sebagian peralatan sudah Anda punyai di rumah, seperti sumber air, selang, dan lap. Anda tinggal membeli sabun cuci motor.

Sebagai lokasi pencucian motor, Anda bisa memakai halaman rumah. Lakukanlah promosi kepada keluarga, saudara, tetangga, maupun teman. Tawarkan pula jasa cuci motor Anda melalui media sosial, forum, dan blog / website.

16. Jualan Barang Kerajinan Tangan

Bagi Anda yang punya keterampilan membuat suatu karya kerajinan tangan, sepertinya bisa mencoba usaha rumahan dengan menjual hasil karya tersebut. Selain modalnya kecil, waktu yang dibutuhkan juga fleksibel sehingga dapat sebagai sampingan.

Beberapa contoh barang kerajinan tangan yang umumnya laku dipasaran antara lain sulaman kain wol, kain tenun, tas, pernak-pernik dari kain flanel, hiasan / pakaian dari kain perca, hiasan dari batok kelapa atau kerang, anyaman rotan, kotak kado pernikahan atau ulang tahun dan sebagainya.

Sebelum memulai usaha, ada baiknya Anda melalukan riset kecil-kecilan untuk melihat barang kerajinan paling laris dipasaran. Anda dapat melihat langsung di toko, pasar, maupun internet tentang barang-barang yang umumnya dijual. Jika bisa, buatlah karya unik, bagus, dan bermanfaat sehingga menarik minat banyak orang.

17. Jualan Minuman Kemasan Di Car Free Day

Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau populer dengan sebutan “Car Free Day”, nampaknya sudah familiar di kota-kota Indonesia. Hampir setiap hari minggu, beberapa ruas jalan di kota besar ditutup beberapa jam dan tidak ada lalu lalang motor, mobil, maupun kendaraan umum.

Selama momen Car Free Day berlangsung, masyarakat biasanya berkumpul melakukan berbagai kegiatan seperti jalan pagi, jogging, sepedaan, dan lainnya. Mengingat sebagian orang di sana melakukan kegiatan fisik, tentu akan merasa haus, bukan? Hal ini bisa menjadi peluang usaha bagi siapa saja untuk menjual minuman kemasan.

Beberapa minuman kemasan yang bisa dijual berupa jus buah, es teh, es jeruk, susu kedelai, es jelly mangga, dan sebagainya. Anda dapat menyiapkan minuman tersebut dan mengemasnya di rumah. Lalu, menjajakannya di area Car Free Day. Jika ingin praktis, Anda tinggal membeli di grosir minuman kemasan yang sudah jadi.

Demikianlah sekilas informasi tentang beberapa ide bisnis rumahan modal 50 ribu yang mungkin bisa dicoba. Gak usah takut gagal karena kegagalan merupakan jalan menuju kesuksesan. Pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda agar lebih mudah menjalankannya. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here